Ikan Laut Menggunakan Biofluorescence Merah Untuk Berkomunikasi

Media Penyuluhan Perikanan - Laut berwarna biru, hal itu karena cahaya merah dengan cepat diserap oleh air. Itulah sebabnya bahkan hanya beberapa meter di bawah permukaan, laut dan makhluk yang muncul terlihat berwarna biru kusam. Ahli biologi evolusi di University of Tübingen sedang melakukan penelitian ikan laut yang telah mengembangkan biofluorescence mereka sendiri - menghasilkan warna merah terang di kedalaman biru laut. Dalam Prosiding terbaru dari Royal Society B, mereka menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa ikan dapat melihat biofluorescence mereka sendiri dan digunakan untuk berkomunikasi dengan anggota spesies mereka sendiri.

Ikan Laut Menggunakan Biofluorescence Merah Untuk Berkomunikasi
Dr Tobias Gerlach, Dr Dennis Sprenger dan Profesor Nico Michiels dari Tübingen Institut Evolusi dan Ekologi memanfaatkan fakta bahwa ikan jantan dari spesies wrasse mata merah, Cirrhilabrus solorensis, bereaksi agresif terhadap bayangannya sendiri di cermin. Dalam satu percobaan, filter ditempatkan di depan cermin yang memblokir  bagian fluorescent ikan - dengan hasil bahwa jantan jauh lebih tertarik pada gambar cermin mereka. Para peneliti mengatakan ini menunjukkan bahwa wrasse mata merah tidak hanya mengakui pewarnaan khusus spesiesnya juga menggunakannya sebagai penanda teritorial dan menampilkannya dalam konflik dengan jantan lain.

Salah satu penemuan yang paling menarik, para peneliti mengatakan, bahwa fluoresensi adalah berwarna merah tua di bagian dari spektrum, yang diyakini sebelumnya, ikan tidak bisa melihat atau menggunakannya. Bisa jadi ikan keling red-eye menggunakan fluoresensi mereka sebagai frekuensi pribadi untuk berkomunikasi di antara mereka sendiri.

Sumber :
Universitaet Tübingen. (2014, May 28). Marine fish use red biofluorescence to communicate, new research shows. ScienceDaily. Retrieved September 5, 2014 from www.sciencedaily.com/releases/2014/05/140528104024.htm

Comments

Popular posts from this blog

Teknik - Teknik Penyimpanan Ikan Di Dalam Palka

Pemijahan Ikan Lele Melalui Penyuntikan Hormon Buatan

Mengenal Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Ikan Segar