Follow by Email

Mengenal Ikan Kembung dan Karakteristiknya

Media Penyuluhan PerikananCiri-ciri tubuh dari ikan banyar adalah badan agak langsing panjang kepala lebih tinggi dari tinggi kepala. Seluruh tubuh tertutup sisik halus dan terdapat corselet di belakang sirip dada. Terdapat selaput lemak pada kelopak mata. Usus 1,3-3,7 kali panjang badan. Tapisan insang panjang jelas tampak bila mulut dibuka dengan jumlah sebanyak 30-46 buah, sisik garis rusuk berjumlah 120-150 buah,  sirip punggung kedua berjari-jari keras berjumlah 10 buah, sirip punggung kedua berjari-jari lemah 11-12 sirip dubur berjari-jari lemah lemah sebanyak 11-12 buah. Di belakang sirip punggung dan dubur terdapat 5-6 buah finlet (Murniyati 2004).

Ikan kembung banyar memiliki warna biru kehijauan di bagian atas dan bagian bawah berwarna putih kekuningan. Dua baris totol-totol hitam pada punggung, satu totol hitam dekat sirip dada. Ban warna gelap memanjang di atas garis rusuk, dua ban warna keemasan di bawah garis rusuk. Sirip punggung abu-abu kekuningan. Sirip ekor dan dada kekuningan. Sirip-sirip lain bening kekuningan. Ikan ini memiliki panjang maksimum 35 cm dengan panjang rata-rata 20-25 cm (Murniyati 2004).



Distribusi dan Karakteristik Ikan kembung
Ikan kembung adalah ikan umum yang digemari, karena disamping harganya ekonomis, juga relatif sederhana dalam pengolahannya, yaitu cukup digoreng. Ada pula yang suka di balado, atau di pepes. Ada banyak macam ikan kembung namun yang umumnya terdapat di Pasar Pelelangan Ikan adalah ikan kembung banjar, ikan kembung puket, dan ikan kembung como.

Ikan kembung banjar memiliki fisik tubuh yang lebar dan agak bulat sedangkan ikan kembung puket memiliki fisik tubuh yang lebih gepeng (ramping). Lebih enak yang mana ? keduanya disukai oleh konsumen. Hanya saja, biasanya konsumen lebih menyukai ukuran ikan kembung banjar (atau ikan kembung puket) yang relatif kecil karena bisa mendapatkan banyak ikan (ekor) dalam 1 kg.

Walaupun keduanya diminati oleh pasar, secara nilai ekonomis, ikan kembung banjar lebih tinggi daripada ikan kembung puket, namun karena secara fisik terlihat hampir sama, maka pedagang ikan biasanya suka mencampur keduanya dan menjual dengan nama ikan kembung banjar.

Sumber :
Siregar, Resmi Rumenta. 2011. Pengolahan Ikan Kembung. Materi Penyuluhan Kelautan dan Perikanan. Badan Pengembangan SDM KP. Jakarta

0 Response to "Mengenal Ikan Kembung dan Karakteristiknya"

Post a Comment

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.