Follow by Email

Cara Pengalengan Ikan Lemuru

Media Penyuluhan PerikananIkan kaleng adalah salah satu produk hasil pengawetan dan pengolahan yang telah disterilisasi dan dikemas dalam kaleng. Selain kaleng, kemasan botol juga sering digunakan sebagai tempat penyimpanan hasil pengawetan dan pengolahan ikan. Proses pembotolan sendiri lebih banyak dilakkukan oleh produsen/pengolah skala rumah tangga karena penggunaan alat lebih sederhana dibandingkan dengan pengalengan.

Contoh cara pembuatan ikan kaleng atau ikan dalam botol dengan media saos tomat.

a.    Bahan-bahan:
  1. ikan Lemuru segar            : 500 gram
  2. Garam                 : 1 ½ sendok makan
  3. Minyak goreng            : 6 sendok makan
  4. Saos tomat                 : 6 sendok makan
b.    Alat
  1. Timbangan
  2. Gelas ukur yang mempunyai garis-garis skala
  3. Pisau
  4. Autoclave atau pressure cooker atau panci pengukus
  5. Alat penutup kaleng
c.    Cara pembuatan
  1. Kaleng atau botol yang akan digunakan disterilkan terlebih dahulu dengan cara mencuci dengan air panas/mendidih dan atau mrendamnya kedalam air panas selama 1 jam dengan tujuan membunuh bakteri dan kuman yang ada didalam kaleng atau botol.
  2. Ikan Lemuru disiangi, dicuci dengan bersih dan dipotong sesuai dengan ukuran kaleng atau botol. Perlu diingat bahwa potongan daging ikan yang akan dimasukkan kedalam kaleng atau botol sebaiknya tidak lebih dari 0,9 bagian dari kaleng/botol sehingga ada 0,1 bagian yang tersisa untuk cadangan apabila nanti terjadi pemuaian dalam proses pemanasan/pemasakan.
  3. Siapkan media atau bumbu yang akan dimasukkan kedalam kaleng/botol (saos, garam dan minyak) dengan memasaknya terlebih dahulu
  4. Masukkan potongan ikan kedalam kaleng kemudian tuangkanlah media hingga potongan daging ikan terrendam.
  5. Kaleng yang telah berisi daging ikan dan media kemudian dipanaskan/dikukus pada suhu antara 80 – 900C (suhu uap air mendidih) selama kurang lebih 15 menit
  6. Tutuplah kaleng dengan segera (sewaktu masih panas) dengan tujuan agar menjadi hampa udara. Jika menggunakan botol, maka tutup botol sesegera mungkin secara manual.
  7. Kaleng atau botol yang telah ditutup kemudian dibersihkan untuk menghilangkan noda lemak dan bumbu
  8. Kaleng atau botol selanjutnya dimasukkan kedalam autoclave atau pressure cooker atau panci pengukus dan dimasak selama kurang lebih 1 jam dalam suhu sekitar 1000C.
  9. Kaleng atau botol kemudian dicuci untuk menghilangkan noda lemak yang mungkin timbul akibat kebocoran kaleng atau botol.
  10. Kaleng atau botol selanjutnya diberi label dan siap dipasarkan. 

Sumber :
Sumandriasa, I Ketut. 2011. Pengolahan Ikan Lemuru. Materi Penyuluhan Kelauatan Dan Perikanan. Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan. Jakarta

0 Response to "Cara Pengalengan Ikan Lemuru"

Post a Comment

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.