Teknik Menebar Nener Ikan Bandeng

Media Penyuluhan Perikanan - Nener bandeng yang telah dipilih, selanjutnya ditebar ke dalam tambak pembesaran.  Sebelum nener tersebut ditebar, harus ditentukan terlebih dahulu  berapa padat penebaran nener ditambak pembesaran dan perlu dilakukan aklimatisasi.

       Padat penebaran adalah jumlah nener yang ditebar per satuan luas tambak. Dengan mengetahui padat penebaran pada awal pemeliharaan, beberapa manfaat akan diperoleh antara lain adalah:
1.   Dapat menentukan jumlah pakan yang akan diberikan
2.   Dapat mengoptimalkan tambak pembesaran sesuai dengan  daya dukung tambak pembesaran tersebut.
3.   Dapat mengurangi timbulnya penyakit ditambak pembesaran.
4.   Dapat menentukan target produksi pada akhir pemeliharaan.
       Masa pemeliharaan nener bandeng di tambak pembesaran sangat bergantung kepada ukuran nener yang ditebar pada awal pemeliharaan. Ukuran nener yang ditebar ke dalam tambak pembesaran bervariasi antara 1–15 cm. Padat penebaran nener ditambak pembesaran juga ditentukan oleh ukuran nener, lama pemeliharaan, mutu nener dan daya dukung kesuburan tambak pembesaran.
       Padat penebaran nener ditambak pembesaran berkisar antara 4-5 ekor/m2 untuk ukuran nener bandeng 1-2 cm. Sedangkan untuk nener yang berukuran 1–3 cm, padat penebarannya berkisar antara 2–3 ekor/m2. Untuk benih bandeng yang berukuran 12–15 cm yang disebut gelondongan ditebar ke tambak pembesaran dengan padat penebaran 1.500 ekor/ha.
       Banyaknya nener bandeng yang akan dibesarkan di tambak pembe-saran  harus sesuai dengan daya dukung tambak dan luasan tambak. Setelah menghitung jumlah yang akan ditebar, nener diaklimatisasi dan selajutnya ditebarkan dalam tambak tersebut.
Nener bandeng diaklimatisasi selama satu hari dalam wadah plastik. Aklimatisasi ini bertujuan untuk menyesuaikan kondisi lingkungan dimana nener itu berada dengan kondisi lingkungan tambak pembesaran. Penyesuaian suhu, salinitas dan pH dapat dilakukan juga begitu nener bandeng yang dikemas dalam kantong plastik datang. Caranya kantong plastik yang terisi nener, dikurangi airnya secara bertahap dan digantikan dengan air yang ada dalam tambak pembesaran. Selanjutnya, secara perlahan-lahan nener bandeng yang ada didalam kantong platik akan keluar kedalam tambak pembesaran jika sudah terjadi penyesuaian.
Penebaran nener ditambak pembesaran sebaiknya dilakukan, pada pagi atau sore hari pada saat matahari tenggelam. Hal ini untuk menghindari kematian nener akibat stress karena tingginya suhu dilingkungan.

SUMBER:
Alipuddin M., 2003.  Modul Penebaran Nener pada Pembesaran Ikan Bandeng. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.


Comments