Waspada Penyakit Ikan Hias Air Tawar Berikut

Media Penyuluhan Perikanan -  Perhatikan ikan-ikan hias air tawar yang Anda pelihara. Apakah sehat atau sakit? Kenali tanda-tanda ikan sakit, yaitu gerakan yang lemah dan lambat, pertumbuhan yang lambat, perkembangan tubuh yang tidak sempurna atau cacat, dan warna sisiknya yang pudar. Selalu perhatikan hal yang tidak wajar pada ikan Anda. Ini karena ada banyak penyakit yang bisa melanda ikan hias tanpa Anda sadari sebelumnya jika tidak awas. Akibatnya bisa berujung kematian pada ikan. Penyakit-penyakit tersebut bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, protozoa, learnea, dan kutu ikan. Berikut adalah beberapa jenis penyakit pada ikan hias yang harus diwaspadai.
Infeksi Jamur dan White Spot
Jamur bisa menyerang hampir seluruh jenis ikan. Bentuknya seperti benang-benang berwarna putih kecokelatan. Biasanya tumbuh subur di luka pada tubuh ikan. Awalnya mungkin tidak berbahaya, namun jika tidak diberantas, ikan yang terkena bisa kekurangan nutrisi. Gejalanya adalah tubuh ikan yang mengurus dan tampak benang-benang halus di sekitar ikan. Cara memberantasnya adalah dengan menjaga kebersihan air akuarium dan bila perlu menggunakan rendaman PK. Cukup satu teteskan satu tetes PK ke dalam sekitar 2 liter air dan diamkan selama 10 menit, kemudian kuras. 
Penyakit lainnya yang bisa menyerang ikan hias air tawar adalah white spot atau bintik putih. Penyakit ini disebabkan oleh protozoa dan menyerang lapisan lendir di insang, sirip, maupun ekor ikan. Mikroorganisme yang menyerang bergerombol membentuk gumpalan putih, maka itu disebut penyakit bintik putih. Penyakit ini sangat menular dan tergolong sulit diberantas. Gejalanya, selain terlihat bintik putih di tubuh, adalah pernpasan ikan meningkat, ikan malas berenang, tubuhnya jadi lebih berlendir, warna badan pucat, dan jadi sering berenang di permukaan untuk mengambil udara. Untuk mengobati, pisahkan ikan yang sakit dari ikan lainnya, kemudian teteskan cairan obat (blitz ich) satu tetes untuk 1 liter air, atau campurkan obat Gold 100 sekitar 5-10 gram ke dalam tiap 500 liter air. 
Busuk Sirip
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang sirip yang awalnya memang sudah terluka, kemungkinan karena digigit ikan lain. Bakteri ini akan menggerogoti sirip ikan dan membuatnya tampak busuk, sehingga hanya menyisakan sedikit di bagian pangkal. Gawatnya, penyakit ini sering diikuti penyakit jenis lain yang bisa memperparah kondisi ikan. Untuk mengobatinya, rendam ikan ke dalam larutan antibiotik. Lama waktu rendaman tergantung dengan jenis antibiotik yang digunakan. Untuk antibiotik yang keras, merendam ikan hanya boleh sekitar 10 menit, sedangkan untuk antibiotik biasa, bisa dilakukan rendaman sekitar 5 jam. Konsultasikan jenis antibiotik apa yang harus digunakan untuk ikan hias air tawar Anda dengan yang sudah berpengalaman. 

Comments

  1. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan antibiotika powder untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    ReplyDelete

Post a Comment