Kandungan Gizi dan Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh



Media Penyuluhan PerikananManfaat rumput laut bagi tubuh dapat dengan mudah dirasakan kita sebagai warga Negara Indonesia, karena Indonesia memiliki perairan yang sangat luas dan berpotensi besar untuk pengembangan industri perikanan berbasis rumput laut yang kaya manfaat dan kandungan gizi. Bahkan saat ini pengembangan industri rumput laut masih menjadi salah satu program revitalisasi Kementerian Kelautan dan Perikanan, karena komoditas rumput laut memberikan kontribusi dan penyumbang devisa negara terbesar setelah komoditas udang dan tuna. Pengembangan industri rumput laut di Indonesia memiliki prospek yang cerah. Hal ini disebabkan karena tehnik pembudidayaan rumput laut yang relatif mudah dikuasai oleh masyarakat,, sehingga usaha tersebut dapat dilakukan secara masal. Disamping itu permintaan terhadap rumput laut dan produk olahannya baik di pasar domestik maupun internasional selalu menunjukkan peningkatan setiap tahunnya.
Kandungan Gizi dan Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh

Kandungan Gizi dan Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh


Kehadiran rumput laut yang kaya akan kandungan gizi ini menjadi hal penting bagi kita, karena selain mudah diolah dalam berbagai panganan seperti bakso rumput laut, keripik rumput laut, es rumput laut, dan sebagainya komoditas ini juga merupakan merupakan sumber bahan pangan yang murah yang memiliki kandungan gizi lengkap antara lain Vitamin K, kalsium, zat besi, serat alami, asam lemak omega 3, serta yodium.

Vitamin K yang terkandung dalam rumput laut sangat bermafaat bagi tubuh, dimana Vitamin K ini akan membantu tubuh terutama dalam menghentikan pendarahan pada saat terjadi luka pada tubun kita. Dalam menjalankan fungsi ini vitamin K menjadi pengirim pesan kepada trombosit untuk menghentikan pendarahan.
Manfaat kalsium tentu saja telah kita ketahui yaitu untuk menjaga dan memperkuat tulang dan gigi, namun demikian ada juga fungsi kalsium yang tidak kalah pentingnya yaitu membantu berjalannya fungsi system syaraf.

Zat besi yang terkandung dalam rumput laut akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari karena zat besi membantu tubuh dalam menghasilkan energi. Selain itu juga zat besi memiliki peranan dalam meningkatkan aliran darah. Seseorang yang kekurangan zat besi akan akan kehilangan energi, lemas, pucat, serta sesak nafas.

Rumput laut memiliki kandungan serat alami berupa alginat. Serat alami ini berkontribusi pada kelancaraan pencernaan tubuh dan dapat mengurangi lemak yang terserap oleh tubuh. Hal inilah yang menyebabkan rumput laut sebagai bahan pangan yang dapat membantu diet penurunan berat badan.
Tidak selamanya lemak berbahaya bagi tubuh, salah satu lemak yang bermanfaat adalah asam lemak omega 3 yang terkandung dalam rumput laut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berbahaya dan mengurangi peradangan.

Dengan kandungan gizi yang kaya tersebut rumput laut memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita, diantaranya adalah memperkuat tulang dan gigi sehingga kita dapat terhindar dari pengeroposan tulang, mencegah serangan kanker, mengurangi gejalan darah tinggi (hipertensi), sampai membantu anda mengurangi berat badan dengan cara yang sehat.

Demikian pembahasan kita tentang kandungan gizi dan manfaat rumput laut bagi tubuh semoga bisa menjadi referensi bagi dalam menjalankan pola hidup yang sehat.

Sumber :
10 Manfaat Rumput Laut dan Nutrisinya Untuk Tubuh. manfaat.co.id/manfaat-rumput-laut
Sudariastuti, Endang.2011.  Pengolahan Rumput laut. Materi Penyuluhan Kelautan dan Perikanan. Pusat Penyuluhan KP-BPSDMKP. Jakarta

Comments

  1. Manfaat Tersembunyi Rumput laut Yang Belum Di Ketahui
    Agen Sbobet

    ReplyDelete

Post a Comment