Informasi Berbagai Macam Penyakit Manusia Berasal Dari Ikan Buta Di Gua Bawah Air

Media Penyuluhan Perikanan - Mungkin kita akan merasa heran membaca judul di atas. Apakah mungkin ikan yang cacat (buta) yang asalnya dari gua di bawah air bisa memberikan kita wawasan tentang penyakit yang menyerang manusia khususnya penyakit mata ? Sebuah penelitian yang di lakukan oleh tim pimpinan Suzanne McGaugh, asisten profesor di University of Minnesota College of Biological Sciences mencari petunjuk dasar tentang penyakit mata yang diderita oleh manusia melalui ikan buta itu.

Studi yang diterbitkan oleh Nature Communications edisi online pada 20 Oktober itu membuka celah penelitian yang bisa mengungkap mekanisme yang terjadi dibalik penyakit manusia.

Para peneliti menyelediki bagaimana organisme ikan tersebut beradaptasi dengan lingkungan gua dan gen apa yang terlibat didalamnya.  "Urutan genom ikan gua mirip dengan urutan genom manusia" kata McGaugh. "Mereka subjek yang ideal untuk belajar, karena mereka memiliki sifat-sifat yang secara langsung diterjemahkan bagi kesehatan manusia."


McGaugh dan rekan-rekan dari 10 institusi di seluruh dunia, termasuk Harvard University dan University of Maryland, perakitan detail de novo genom pertama kalinya untuk jenis ikan gua yang buta (Astyanax mexicanus) umumnya dikenal sebagai ikan tetra Meksiko. Pekerjaan ini penting karena genom Astyanax akan memungkinkan diseksi basis genetik dari sifat-sifat yang membuat ikan gua khas dan memfasilitasi studi masa depan untuk menyelidiki jalur evolusi berulang, yang dapat membantu memajukan pemahaman tentang penyakit manusia.

Para peneliti mengidentifikasi elemen berulang dalam genom cavefish dan membandingkannya dengan spesies yang mirip dan melaporkan hasil tes gen spesifik untuk potensi perbedaan fungsional dan ekspresi. Mereka mampu menghasilkan daftar kandidat gen bagi ciri sifat ikan gua tersebut. "Banyak dari sifat-sifat itu yang benar-benar penting bagi kesehatan manusia, seperti kehilangan mata ikan, yang bisa dianalogikan penyakit manusia seperti degenerasi retina," kata McGaugh. Dia mencatat bahwa penelitian ini juga dapat membentuk dasar untuk model studi gangguan tidur karena ikan gua tidur sekitar seperempat dari yang ikan permukaan lakukan.

McGaugh berencana untuk melanjutkan ini.

Sumber :
University of Minnesota. (2014, October 20). Blind cave fish may provide insight on eye disease, other human health issues. ScienceDaily. Retrieved October 23, 2014 from www.sciencedaily.com/releases/2014/10/141020090432.htm

Comments