Follow by Email

Ukuran Otak Ikan Berkorelasi Dengan Tugasnya Sebagai Orang Tua

Media Penyuluhan Perikanan - Jantan ikan stickleback yang melindungi anak-anak mereka memiliki otak yang lebih besar daripada jenisnya yang tidak peduli pada keturunannya, studi baru yang ditemukan oleh Universitas British Columbia.

Ikan Stickleback sangat terkenal di kerajaan hewan terutama fakta tentang jantannya peduli pada keturunannya (bukan betina). Stickleback jantan biasanya memiliki otak yang lebih besar dari pada betina dan peneliti ingin mengetahui apakah perbedaan ukuran mungkin berhubungan dengan peran mereka sebagai pengasuh.

Dalam studi yang dipublikasikan baru-baru ini di Ecology and Evolution, peneliti membandingkan stickleback jantan biasa dengan stickleback jantan putih, yang tidak cenderung kepada keturunannya. Mereka menemukan bukti bahwa perubahan dalam perilaku jantan yang menyerah untuk merawat keturunannya terjadi pada saat otak ikan stickleback putih berukuran lebih kecil.

Penelitian Menunjukan Bahwa Ukuran Otak Ikan Stickleback Berkorelasi Dengan Tugasnya Sebagai Orang Tua
"Ini menunjukkan bahwa stickleback biasa memiliki otak yang lebih besar untuk menangani kekuatan otak yang diperlukan untuk merawat dan melindungi anak mereka," kata Kieran Samuk, seorang mahasiswa PhD di UBC Departemen Zoologi dan penulis utama studi tersebut. "Ini adalah salah satu dari studi pertama untuk menghubungkan pengasuhan dengan ukuran otak."

Ikan stickleback putih adalah spesies yang relatif muda yang hanya menyimpang dari stickleback lain 10.000 tahun yang lalu, memberikan peneliti beberapa wawasan tentang bagaimana otak dapat dengan berkembang.

"Studi kami memberitahu kita bahwa otak dapat berubah dengan cara yang sangat drastis dalam waktu yang relatif singkat. Ini membantu kita memahami bagaimana perubahan fisik seperti ukuran otak dapat menyebabkan perubahan perilaku yang lebih kompleks," kata Samuk.


Sumber :
University of British Columbia. (2014, August 19). Fish study links brain size to parental duties. ScienceDaily. Retrieved September 7, 2014 from www.sciencedaily.com/releases/2014/08/140819083448.htm

0 Response to "Ukuran Otak Ikan Berkorelasi Dengan Tugasnya Sebagai Orang Tua "

Post a Comment

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.