Strategi Merencanakan Usaha Perikanan

Media Penyuluhan Perikanan -  Pada hakikatnya sebuah perencanaan adalah usaha menetapkan kegiatan usaha perikanan yang akan dilakukan dan harus mampu menjawab paling tidak 4 pertanyaan penting berikut :
  1. Apa yang akan dilakukan atau apa yang hendak dilakukan ?
  2. Bagaimana melaksanakannya atau apa yang harus dikerjakan ?
  3. Kapan melaksanakannya ?
  4. Siapa yang akan melaksanakannya ?
Sebuah perencanaan usaha akan memberikan manfaat kepada kita di dalam menjalankan usaha perikanan. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah :
  1. Dipakai sebagai alat koordinasi.
  2. Dapat memberikan “kepastian” mengenai masa depan atau membatasi “ketidakpastian”.
  3. Merupakan alat ukur terhadap prestasi yang akan dicapai dan alat pengendalian (control) jalannya kegiatan/organisasi.
  4. Meningkatkan kemampuan antisipasi terhadap perubahan.
  5. Meningkatkan produktifitas (efektifitas dan efisiensi) karena memfokuskan pada sasaran.
  6. Meningkatkan dukungan dan peran serta, karena tujuan/sasaran dapat diketahui oleh pelaksananya.
  7. Dalam proses perencanaannya, “team building” (terbentuk kerjasama) merupakan hasil sampingan yang sangat bermanfaat bagi organisasi
Di dalam sebuah rencana usaha paling tidak memuat aspek-aspek penting dalam kegiatan bisnis perikanan antara lain :
  1. Aspek Pemasaran
  2. Aspek Produksi
  3. Aspek Organisasi
  4. Aspek Keuangan
Dengan adanya sebuah rencana usaha seorang pelaku utama/usaha akan berpikir menggunakan pandangan yang obyektif, kritis, serta tidak emosional dalam menetapkan apa yang akan dikerjakannya. Selain itu dia juga akan mampu menilai keragaan (kondisi) aktual usaha (bisnis) pada jangka waktu tertentu.

Tahapan untuk menyusun sebuah rencana usaha dapat dilihat pada gambar berikut :

Sumber :
Anonymous. 2010. Perencanaan Usaha. Bahan Tayang.
Kementerian  Kelautan dan Perikanan. Badan Pengembangan SDM KP. Jakarta



Comments