Memahami Falsafah Penyuluhan Perikanan



Media Penyuluhan Perikanan -  Penyuluhan perikanan di seluruh dunia pada prinsipnya didasarkan pada falsafah berikut ini :

Penyuluhan perikanan merupakan kebutuhan ekonomi
Saat ini, sebagian besar pemerintah telah menyadari bahwa tanpa penduduk pedesaan yang stabil, produktif, dan merasa puas akan kehidupannya akan sangat mungkin menyebabkan semua faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi gagal. Tidak ada negara manapun yang  mampu mengabaikan penduduk pedesaan , alasannya antara lain :

Pertama, setiap negara membutuhkan banyak pasokan sumber pangan pokok yang dapat diandalkan seluruh bangsa. Umumnya , penduduk kota tidak menghasilkan bahan pangan bagi mereka sendiri. Di negara di mana para petani / pembudidaya ikan yang tidak puas atau sangat  tidak efisien, pasokan bahan pangan tidak dapat memenuhi kebutuhan seluruh bangsa .

Kedua, di mana ada perbedaan yang besar antara standar hidup warga kota dan masyarakat pedesaan , banyak pria muda terbaik di pedesaan akan cenderung meninggalkan pertanian/perikanan dan merantau ke kota-kota. Tapi kota ini tidak selalu mampu menyerap mereka. Dan seringkali hal ini yang menjadi penyebab tingginya kepadatan penduduk yang kumuh, pengangguran , gelandangan , serta kerusuhan sosial .

Ketiga, telah ditemukan bahwa selain memproduksi bahan pangan , seorang pelaku utama yang modern juga dapat menumbuhkan industri perikanan. Industri perikanan ini mampu menyediakan bahan baku dan beragam industri perikanan akan membantu menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat dan meningkatkan pendapatan negara.

Ini adalah beberapa alasan penting mengapa pemerintah menggalakan program penyuluhan khususnya sektor perikanan di seluruh dunia. Penyuluhan melayani tujuan ekonomi bangsa .  Usaha perikanan harus progresif dan efisien, sama seperti industri lainnya, atau seluruh bangsa akan menderita. Tapi persyaratan pertama untuk memajukannya adalah  informasi akan inovasi teknologi. Tujuan penyuluhan adalah untuk membawa informasi ini kepada mereka yang membutuhkannya .

Penyuluhan perikanan didasarkan pada penelitian
Fokus utama dari penyuluhan adalah terhadap para pelaku utama/usaha dan hal-hal yang menyebabkan pelaku utama/usaha bertindak seperti yang diharapkan atau bagaimana mempengaruhi mereka untuk berubah. Setidaknya ada dua hal yang diperlukan untuk membawa perubahan , yaitu :

    1. Sumber informasi baru ; dan
    2. penyebaran informasi

Informasi tidak hanya keluar keluar begitu saja, tapi harus dicari dan dipikirkan. Itulah mengapa adanya kebutuhan terhadap lembaga penelitian untuk mendapatkan informasi inovasi teknologi. Para peneliti, di sisi lain, tidak tahu jenis informasi apa yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah yang dihadapi para pelaku utama/usaha .

Oleh karena itu, pekerjaan pertama yang penyuluh harus lakukan adalah membantu para pelaku utama/usaha  mendefinisikan masalah mereka sendiri. Setelah masalah telah diidentifikasi, penyuluh dapat mengkomunikasikannya dengan para peneliti, yang kemudian akan mencoba untuk mencari solusi. Seringkali para pelaku utama mengandalkan pengalaman mereka untuk memecahkan masalah baru yang mereka hadapi, dan merasa tidak membuthkan penelitian. Tetapi sekali lagi, penyuluh harus membawa solusi bagi mereka. Dia harus mampu menerjemahkan bahasa penelitian yang rumit menjadi bahasa yang jelas dan mudah dimengerti, dan menunjukkan kepada mereka bagaimana, kapan , dan di mana pengetahuan baru itu dapat menguntungkan jika diterapkan.


Memahami Falsafah Penyuluhan Perikanan
Penyuluhan mendasarkan program pada kebutuhan masyarakat sebagaimana kebutuhan teknis dan ekonomi nasional 
Semua orang menginginkan tujuan yang lebih tinggi dalam hidup. Setelah orang yakin terhadap sebuah nilai dari metode baru dan metode baru ini akan membantu mereka mencapai tujuan mereka, mereka akan berubah untuk mencapai tujuan ini diinginkan. Oleh karena itu , tugas utama dari penyuluhan adalah untuk meyakinkan orang-orang terhadap manfaat teknologi yang baru dan lebih baik. Penyuluhan  membuka jalan bagi kemajuan lebih lanjut dengan membuat masyarakat menyadari manfaat yang akan diperoleh dari program ini .

Penyuluhan adalah proses pendidikanKonsep bahwa fungsi yang lebih luas dari penyuluhan adalah untuk membantu orang dalam memecahkan masalah mereka sendiri melalui penerapan pengetahuan  ilmiah, saat ini berlaku secara umum. Jika ini benar , maka penyuluhan  harus dianggap sebagai bagian besar dari pendidikan. Tapi ini berbeda dengan jenis pendidikan yang diajarkan di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi. Perbedaan utamanya adalah bahwa penyuluhan  tidak melibatkan paksaan apapun. Penyuluhan tergantung pada kemampuan penyuluh untuk menginspirasi masyarakat dan menciptakan keinginan untuk kegiatan produksi yang lebih efisien, dan kondisi kehidupan yang lebih baik di pedesaan . Masyarakat  harus didorong untuk bertemu dalam kelompok untuk penyebaran  informasi dan membantu mereka untuk memenuhi kebutuhannya. Jika penyuluh mampu mencurahkan lebih banyak upaya untuk menciptakan kebutuhan akan informasi, pelaku utama/usaha akan datang dan memintanya, daripada menawarkan informasi tersebut kepada mereka

Penyuluhan berbeda dari pendidikan formal dalam aspek lain. Hal ini berkaitan tidak hanya dengan belajar, tetapi juga dengan penerapan pengetahuan yang diperoleh dari kehidupan sehari-hari . Ini adalah jenis pendidikan yang sangat praktis dan konkret yang dapat dimanfaatkan sekaligus.

Semua definisi penyuluhan  melibatkan perubahan dalam perilaku masyarakat, mungkin mengakibatkan perbaikan lebih lanjut dalam proses produksi, kondisi kehidupan yang lebih baik dan penguatan perekonomian nasional. Fundamental untuk setiap perubahan perilaku yang permanen adalah sikap.

Dalam rangka untuk mengubah perilaku banyak orang , penyuluhan harus terlebih dahulu menunjukan sikap mereka terhadap perubahan dan memotivasi mereka untuk memperbaiki kondisi hidup mereka sendiri.

Membawa perubahan dalam sikap adalah fungsi pendidikan dasar penyuluhan . Telah dikatakan bahwa penyuluhan tidak semata-mata berkaitan dengan pengajaran dan penerimaan praktikal ditingkatkan tertentu , tetapi dengan mengubah pandangan masyarakat dan mendorong mereka untuk mengambil inisiatif dalam meningkatkan kehidupan mereka. Efektivitas penyuluhan diukur dengan kemampuannya untuk maju dari situasi statis yang berlaku di daerah pedesaan .

Perubahan dapat disebabkan oleh  (1) pilihan, dan  (2) dengan kekerasan atau paksaan. Pilihan dapat diwakili oleh pendidikan. Ini adalah sarana untuk memasok orang-orang dengan pengetahuan , pengalaman dan/atau pengetahuan . Paksaan dapat diwakili oleh pasokan dan jasa dalam bentuk masukan fisik/material.

Ide memberikan pendidikan (pilihan) bukan hal fisik secara umum, dan sering dinyatakan dengan istilah "membantu orang untuk membantu diri mereka sendiri". Pendidikan adalah tujuan utama dari penyuluhan. Orang lain mungkin menekankan input fisik (force) dan membuat orang tergantung pada mereka.

Penyuluhan bekerja sama dengan orang lain yang bertujuan untuk mengembangkan individu, masyarakat dan bangsa
Penyuluhan hanya salah satu dari banyak faktor yang cenderung menghasilkan perubahan dalam masyarakat. Penyuluhan Perikanan utamanya berfokus bersangkutan pada perubahan untuk meningkatkan produksi perikanan.


Sumber :
Anonymous. Brackishwater Aquaculture Development And Training Project. Bureau Of Fisheries And Aquatic Resources. Department Of Natural Resources. Republic Of The Philippines

Comments