Follow by Email

Garam Beryodium Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia

Media Penyuluhan Perikanan - Kita semua tentu sering mendengar garam beryodium, bahkan banyak kampanye yang dilakukan pemerintah mengenai pentingnya konsumsi garam beryodium. Bahkan pemerintah kita sampai memproteksi kepentingan pentingnya garam beryodium dengan dikeluarkannya beragam peraturan perundangan, paling tidak ada 3 undang-undang, 1 peraturan pemerintah, dan 1 peraturan menteri.

Lalu untuk apa itu semua ?

Jika kita menilik lebih dalam tentang maksud pemerintah tersebut, tentu kita akan menemukan fakta bahwa sebenarnya itu semua demi kepentingan kualitas SDM Indonesia. Karena ternyata kekurangan yodium akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan yang serius.

Apakah gondok ?

Ya, salah satunya adalah gondok. Namun bukan itu saja, perlu diketahui bahwa Yodium yang cukup sangat diperlukan oleh bayi bahkan mulai dari dalam kandungan. Yodium ini berguna untuk membuat hormon kelenjar Thyroid yang berguna bagi pertumbuhan otak dan syaraf. Jadi ketika asupan yodium pada bayi kurang akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan syaraf dan otak, sehingga mengakibatkan cebol dan idiot, dan tidak main-main kemunduran IQ yang terjadi bisa mencapai 13,5 point.

Rendahnya IQ mengakibatkan rendahnya daya nalar seseorang, sehingga mungkin saja manusia Indonesia yang cenderung mengesampingkan nalar dalam menghadapi persoalan dewasa ini akibat dari kurangnya asupan yodium ketika mereka masih kecil ? sehingga mereka cenderung mengedepankan kekerasan dalam menghadapi masalah yang ditemukan (mungkin saja).


Berdasarkan dari Micronutrient Initiative Indonesia, dapat diketahui bahwa saat ini 1  dari  3 Ibu hamil di Indonesia tidak terlindung dari  GAKI (Gangguan Akibat Kekurangan Iodium) bahkan 1 dari 3 bayi yg lahir di Indonesia saat ini berisiko GAKI dengan Risiko paling besar, yg banyak diderita masyarakat  yang  tidak mengkonsumsi garam beryodium adalah “Kemunduran Kemampuan Intelektual” 13,5 poin.


Relakah kita melihat masa depan generasi Indonesia yang semakin menurun kualitasnya ? Mari kita produksi garam Indonesia yang berkualitas dan beryodium !

Sumber : Micronutrient Initiative Indonesia, 2014

0 Response to "Garam Beryodium Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia"

Post a Comment

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.