Follow by Email

Mengenal Teripang Nanas (Stichopus ananas)

Media Penyuluhan Perikanan -
Klasifikasi
  1. Filum : Echinodermata
  2. Kelas : Holothuroidea
  3. Bangsa : Aspidochirotda
  4. Suku : Holothuriidae
  5. Marga : Thelenota
  6. Spesies : Thelenota ananas Jaeger, 1868


Morfologi
Bentuk tubuh bulat memanjang, kaku, bagian perut rata. Seluruh tubuh bagian atas ditutup oleh papillae yang berbentuk daun. Warna keseluruhan bervariasi, pada bagian bivium sedikit kemerahan-orange hingga coklat, bagian trivium umumnya berwarna merah Terdapat spikula yang berbentuk silang, cabang spikula lebih runcing, rata berlubang dan berbiji.

Habitat dan Penyebaran
Merupakan spesies yang umum ditemukan pada terumbu karang, banyak ditemukan pada perairan dekat permukaan hingga pada kedalaman 25 m; umumnya terdapat pada dasar perairan yang keras, pecahan karang dan permukaan terumbu karang. Populasinya tidak dapat mencapai kepadatan yang tinggi, dengan rata-rata kepadatan 0.003 ind/m2. Reproduksi seksual terjadi pada saat musim hangat dimana suhu perairan lebih hangat. Bersifat simbiosis dengan spesies pearlfish (Carapidae, ophidiiformes) yang banyak ditemukan dalam mulutnya. Teripang ini terdistribusi luas pada perairan tropis indo-pasifik, termasuk seluruh perairan pantai karang di Indonesia.

Satus
Belum dilindungi UU-RI; menjadi isu dan dibahas pada COP 14 CITES

Ancaman
Spesies teripang ini memiliki potensi fekunditas (jumlah telur) yang rendah dan lambat mengalami kematangan seksual. Penangkapan langsung dengan menggunakan tangan, dan bantuan perlengkapan selam. Kondisi sudah terancam punah sebagai akibat dari over-ekploitasi.

Saran
Penelitian untuk rekomendasi kebijakan pengelolaan teripang spesies Thelenota ananas, segera ditetapkan status perlindungannya, dan upaya konservasi pada beberapa wilayah habitatnya.

Sumber : 
Ubaidillah, Rosichon. dkk. 2013. BIOTA PERAIRAN TERANCAM PUNAH DI INDONESIA - Prioritas Perlindungan. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. Ditjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta

0 Response to "Mengenal Teripang Nanas (Stichopus ananas)"

Post a Comment

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.