Mengenal Ikan Balasak (Terancam Punah)



Media Penyuluhan Perikanan - Ikan ini dikenal dengan istilah perdagangan ikan hias dengan nama ikan Balashak, mungkin karena sepintas seperti ikan hiu. ikan ini merupakan komoditi perdagangan ikan hias. Saat ini populasi spesies ikan ini di alam sudah sulit didapat, baik di Kalimantan, maupun di Sumatra. Terinformarsikan di Thailand sudah berhasil memijahkan spesies ikan ini dan banyak dipasarkan di pasar ikan hias Indonesia.

Klasifikasi
Di dunia, marga Balantiocheilos ada dua spesies, namun di Indonesia hanya dijumpai satu jenis yaitu Balantiocheilos melanopterus. Daerah sebarannya sebenarnya cukup luas, namun karena eksploitasi yang berlebihan, maka populasi di habitatnya semakin mengkhawatirkan dan sudah sulit didapat.
  1. Filum : Chordata
  2. Kelas : Teleostei (Pisces)
  3. Bangsa : Cypriniformes
  4. Suku : Cyprinidae
  5. Marga : Balantiocheilos
  6. Spesies : Balantiocheilos melanopterus (Bleeker 1850)

Morfologi
Bentuk badan spesies ini seperti layaknya jenis dari suku Cyprinidae yang telah dikenal masyarakat umum, seperti ikan mas (Cyprinus carpio), Tawes (Barbonymus goionotus.), Nilem (Ostechilus vittatus). Tubuhnya keperakan; di bagian kepala mulutnya memiliki bibir bawah tebal menanjang ke arah belakang dan membentuk celah yang menjadi kantung yang membuka kebelakang; bibir atas berlekuk-lekuk; jari-jari sirip punggung mengeras dan bagian pinggirannya bergerigi; tidak bersungut; sirip punggung, sirip dubur, sirip ekor, dan sirip perut berpinggiran hitam.

Habitat dan Penyebaran
Habitat berupa sungai. Penyebarannya adalah Sumatra, Borneo, Malaya, Thailand, Kamboja, dan Laos.

Status :
Belum dilindungi Undang-undang - RI; IUCN Red List Status : Endangered (EN)

Ancaman:
Berupa dampak kegiatan perdagangan, karena termasuk ikan hias yang populer. Lingkungan habitatnya saat ini banyak tertekan akibat eksploitasi yang berlebihan dan alih fungsi lahan sehingga dapat menurunkan kualitas air sebagai habitat ikan ini.

Saran:
Segera ditetapkan status perlindungannya secara terbatas oleh Undang-undang Republik Indonesia

Sumber : Ubaidillah, Rosichon. dkk. 2013. BIOTA PERAIRAN TERANCAM PUNAH DI INDONESIA - Prioritas Perlindungan. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. Ditjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Comments