Suplemen Minyak Ikan Dapat Mengurangi Penurunan Fungsi Kognitif

Media Penyuluhan Perikanan - Peneliti Rhode Island Hospital telah menyelesaikan penelitian yang menemukan penggunaan rutin suplemen minyak ikan (FOS) dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam penurunan kognitif dan atrofi otak pada orang dewasa yang lebih tua. Studi ini meneliti hubungan antara FOS yang digunakan pada penderita  Alzheimer Disease Neuroimaging Initiative (ADNI) dan indikator penurunan kognitif. Temuan ini dipublikasikan secara online sebelum dicetak dalam jurnal Alzheimer & Dementia.

"Setidaknya satu orang didiagnosa mengidap penyakit Alzheimer (AD) setiap menitnya dan meskipun upaya terbaik telah dilakukan, kami belum menemukan obat untuk penyakit ini," kata peneliti utama Lori Daiello, PharmD, Penyakit Alzheimer dan Gangguan Memory Pusat di Rumah Sakit Rhode Island. "Bidang ini saat ini terlibat dalam berbagai penelitian untuk menemukan pengobatan yang lebih baik bagi orang yang menderita AD, namun, penelitian untuk mencegah atau memperlambat AD atau penurunan fungsi kognitif pada penuaan secara normal adalah sangat penting."

Dalam penelitian retrospektif ini, orang dewasa yang lebih tua yang terlibat dalam studi ADNI dinilai dengan tes neuropsikologi dan magnetic resonance imaging (MRI) otak setiap enam bulan. Kelompok itu adalah 229 orang dewasa yang lebih tua dengan fungsi kognitif normal; 397 yang didiagnosis menderita gangguan kognitif ringan; dan 193 dengan AD.
Suplemen Minyak Ikan Dapat Mengurangi Penurunan Fungsi Kognitif

Studi ini menemukan bahwa menggunakan suplemen minyak ikan selama penelitian dikaitkan dengan tingkat penurunan kognitif yang signifikan yang diukur dengan Skala Alzheimer Disease Assessment (ADAS-cog), dan Mini Mental State Exam (MMSE), tetapi manfaat ini diamati hanya untuk kelompok peserta tanpa demensia pada saat pendaftaran. 

"Selain itu, pencitraan otak seri yang dilakukan selama penelitian ini menunjukkan bahwa peserta dengan kognisi biasa yang dilaporkan mengonsumsi suplemen minyak ikan menunjukkan penyusutan otak lebih sedikit di daerah neurologis utama, dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan suplemen," kata Daiello. "Juga, temuan positif pada tes kognitif dan MRI otak hanya diamati pada orang-orang yang tidak membawa faktor risiko genetik terbaik-dipelajari untuk AD, APOE-4. Penelitian lebih lanjut diperlukan, tetapi temuan ini menjanjikan dan menyoroti kebutuhan untuk studi masa depan untuk memperluas pengetahuan saat ini efek dari FOS terhadap penurunan fungsi kognitif dan AD. "

Diperkirakan bahwa lebih dari 5 juta orang di Amerika Serikat memiliki penyakit Alzheimer. Ini adalah bentuk paling umum dari demensia dan merupakan penyebab utama kematian keenam di AS

Sumber :
Lifespan. (2014, July 15). Fish oil supplements reduce incidence of cognitive decline, may improve memory function. ScienceDaily. Retrieved August 6, 2014 from www.sciencedaily.com/releases/2014/07/140715142845.htm

Comments

Popular posts from this blog

Teknik - Teknik Penyimpanan Ikan Di Dalam Palka

Pemijahan Ikan Lele Melalui Penyuntikan Hormon Buatan

Mengenal Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Ikan Segar