Cantik Tapi Mengancam : Invasi Ikan Tropis Menghancurkan Hutan Kelp

Media Penyuluhan Perikanan -  Migrasi ikan tropis sebagai akibat dari pemanasan laut menimbulkan ancaman serius ke daerah-daerah yang mereka serang, karena mereka memakan tumbuhan di hutan kelp dan padang lamun.

Dampak berbahaya dari ikan tropis yang paling jelas di perairan Jepang selatan dan Mediterania timur, di mana telah terjadi penurunan dramatis populasi kelp.

Ada juga bukti yang muncul di Australia dan Amerika Serikat bahwa penyebaran ikan tropis ke arah kutub yang menyebabkan kerusakan di daerah yang mereka masuki.

"Tropikalisasi iklim di wilayah laut merupakan fenomena baru signifikansi global yang telah muncul karena perubahan iklim," kata penulis utama studi, Dr Adriana Verges, dari UNSW Australia.

Cantik Tapi Mengancam : Invasi Ikan Tropis Menghancurkan Hutan Kelp
"Peningkatan jumlah ikan tropis pemakan tumbuhan sangat dapat mengubah ekosistem dan menyebabkan terumbu karang tandus, mempengaruhi keanekaragaman hayati daerah ini, dengan dampak ekonomi dan manajemen yang penting."

Studi ini diterbitkan dalam Prosiding jurnal Royal Society B.

Sebagaimana lautan telah menjadi hangat dan iklim telah berubah, hotspot berkembang di daerah di mana arus yang mengangkut perairan tropis yang hangat ke arah kutub meningkat.

Misalnya peningkatan aliran Australia Timur saat ini yang berarti kawasan tenggara dari benua ini memanas dua sampai tiga kali rata-rata global. Ikan tropis sekarang menjadi umum di Pelabuhan Sydney selama musim panas.

Jepang, pantai timur AS, Brazil utara, dan timur Afrika Selatan juga sangat dipengaruhi oleh arus pantai yang mengangkut perairan tropis yang hangat.

"Di daerah tropis, keanekaragaman ikan pemakan tumbuhan melakukan peran penting menjaga terumbu karang bebas dari rumput laut yang besar, yang memungkinkan karang untuk berkembang. Tapi ketika mereka menyusup ke perairan lain mereka menimbulkan ancaman signifikan terhadap habitat ini. Mereka bisa langsung memakan tumbuhan hutan alga serta mencegah pemulihan alga yang telah rusak karena alasan lain, "kata Dr Verges.

Ikan tropis memperluas rentang mereka ke daerah-daerah beriklim termasuk unicornfish, parrotfish, dan baronang.

Para penulis penelitian termasuk peneliti dari Australia, Amerika Serikat, Spanyol, Singapura, Inggris dan Jepang
Studi kasus:

Selatan Jepang:  Lebih dari 40 persen rumput laut dan hamparan alga telah hilang sejak tahun 1990-an, sebuah fenomena yang dikenal di Jepang sebagai isoyake. Spesies tropis termasuk ikan baronang dan ikan kakatua tampaknya yang bertanggung jawab.  Meskipun ikan ini telah hadir untuk waktu yang lama, tingkat penggembalaan tahunan mereka telah meningkat secara dramatis sebagaimana suhu laut di musim dingin telah meningkat. Karang sekarang mendominasi ekosistem di banyak lokasi. Perubahan ini menyebabkan runtuhnya potensi abalone.

Mediterania Timur:  Ikan tropis pindah ke Mediterania timur dari Laut Merah setelah pembukaan Terusan Suez. Dalam beberapa dekade terakhir, jumlah ikan baronang telah meningkat, sehingga menyebabkan ratusan kilometer daerah ‘gundul’ dan 40 persen penurunan berbagai spesies laut. Sebagaimana menghangatnya wilayah Mediterania ikan baronang memperluas jangkauan mereka ke arah barat, menyebabkan ancaman bagi ekosistem dangkal lainnya.

US:  Telah ada peningkatan lebih dari 20 kali lipat jumlah parrotfish di Teluk Meksiko - spesies yang mengkonsumsi lamun pada lima kali tingkat grazers asli. Jumlah penyu hijau pemakan tumbuhan dan manate juga meningkat.

Australia: Di Australia Barat, bukti yang muncul menunjukkan bahwa kenaikan jumlah ikan tropis mencegah pemulihan hutan kelp yang rusak akibat gelombang panas pada tahun 2011. Di Australia timur, kelp telah menghilang dari sejumlah terumbu dalam 5 tahun terakhir dan penelitian Dr Verges menunjukkan penggembalaan intensif oleh ikan tropis pada rumput laut yang memulai hal ini.

Sumber :
University of New South Wales. (2014, July 9). Beautiful but a threat: Tropical fish invasion destroys kelp forests. ScienceDaily. Retrieved September 7, 2014 from www.sciencedaily.com/releases/2014/07/140709100104.htm

Comments

Popular posts from this blog

Teknik - Teknik Penyimpanan Ikan Di Dalam Palka

Pemijahan Ikan Lele Melalui Penyuntikan Hormon Buatan

Mengenal Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Ikan Segar