Mengamati Struktur dan sebaran Komunitas Padang Lamun

Media Penyuluhan PerikananMetode RRI digunakan untuk melihat sebaran lamun secara cepat dan dapat menjankau daerah yang luas. Sedangkan untuk pengamatan kelimpahan, komposisi jenis dan biomassa digunakan transek kuadrat.

Metode pengamatan struktur komunitas padang lamun merupakan modifikasi dari English,et al., (1994). Untuk mengamatan zonasi sebaran lamun adalah sebagai berikut:


  1. Zonasi sebaran lamun di buat pada satu garis transek tegak lurus pantai. Arah transek dari pantai ke laut dicatat dengan kompas. Sepanjang garis transek diletakkan pita berskala (roll meter), dan lamun yang terletak di bawah roll meter dicatat jenisnya, luas tutupannya diamati, kemudian dicatat karakteristik tipe substrat dan kedalaman air. Di setiap lokasi pengamatan sebaiknya minimal dibuat 3 buah transek yang masing-masing sejajar dengan jarak antara 50 s/d 100 m (Gambar 1.). Titik penentuan transek di pantai ditentukan posisinya dengan GPS. Data tentang zonasi sebaran lamun dari setiap transek di pakai untuk mengamati kerapatan dan biomassa lamun.
  2. Sepanjang garis transek di ambil sampel lamun untuk dihitung kerapatan dan biomassa. Jarak pengambilan sampel sepanjang garis transek ditentukan oleh komposisi jenisnya. Sebaran jenis yang homogen titik pengambilan sampel dilakukan pada jarak setiap 15 s/d 20 m. Sebaran jenis yang heterogen titik pengambilan sampel pada jarak setiap 15 s/d 20 m. Sebaran jenis yang heterogen titik pengambilan sampel dapat berjarak setiap 5 m atau kurang. Pengambilan/pengukuran sampel  kerapatan biomassa lamun di setiap titik dilakukan sebanyak 4 kali. Pengukuran kerapatan dan biomas untuk lamun berdaun besar (Enhalus acoroides) dan lamun berdaun kecil dikerjakan dengan cara yang berbeda.


Sumber :
Hilman, Iman dan Ratna Suharti. Pengelolaan Ekosistem Lamun. Materi Penyuluhan Kelautan dan Perikanan. Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Comments

Popular posts from this blog

Teknik - Teknik Penyimpanan Ikan Di Dalam Palka

Pemijahan Ikan Lele Melalui Penyuntikan Hormon Buatan

Mengenal Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Ikan Segar