Memelihara Ikan Hias Air Tawar Tercantik Dalam Akuarium



Media Penyuluhan PerikananIkan hias air tawar merupakan salah satu alternatif untuk menemani anda yang ingin memanjakan diri melepas lelah. Dengan memandang kecantikan warna yang dipancarkan dari tubuh-tubuh menggemaskan dari ikan yang berenang diakuarium, dipercaya dapat membantu anda mengurangi stress dan depresi.

Memilih ikan hias air tawar untuk dijadikan hiasan dirumah anda sebenarnya tergantung pada hobi dan kesenangan anda. Ada yang menyukai rupa-rupa warna cantik ada pula yang menyukai bentuk unik dari ikan itu sendiri. Nah, sebagai bahan bagi anda untuk memilih ikan apa yang akan anda jadikan teman melepas lelah, berikut ini adalah beberapa jenis ikan hias air tawar tercantik pilihan kami.

Ikan Endlers Livebearer


Ikan ini tergolong ikan yang langka tapi termasuk ikan yang mudah dalam perawatannya. Ikan ini tidak terlalu manja dengan kondisi perairan lingkungan hidupnya, asalkan memenuhi syarat standar kehidupan bagi ikan. Tidak perlu wadah yang besar untuk memelihara ikan jenis ini, bahkan wadah untuk memelihara ikan cupang pun bisa digunakan untuk memeliharanya, tapi alangkah lebih baiknya memelihara ikan ini pada wadah dengan volume air 38 liter yang berisi 30 sampai dengan 40 ekor ikan jenis ini. Ikan ini mampu beradaptasi dengan lingkungan bersuhu antara 17 - 29 Derajat Celsius. Sebaiknya rutin melakukan pergantian air sebanyak 20% - 35% setiap dua minggu. Beberapa jenis tanaman air bisa ditambahkan ke dalam akuarium selain sebagai pemanis juga dapat dijadikan tempat persembunyian bagi ikan ini.

Ikan Discus



Ikan discus dikenal sebagai rajanya akuarium dikarenakan kecantikan dan keindahan warna dan bentuknya. Berbeda dengan endlers, ikan discus lebih sulit dalam pemeliharaannya. Ikan ini memerlukan air pemelihraan yang berkualitas dan pergantian air akuarium pun lebih sering dilakukan. Banyak variasi warna yang dimiliki ikan jenis ini anda bisa memilihnya sesuai dengan selera anda. Suhu ruangan optimum yang disarankan dalam memelihara ikan discuss ini berkisar antara 27°C - 30°C. Ukuran akuarium minimum yang disarankan dalam memelihara ikan jenis adalah akuarium dengan volume air 114 liter dan sebaiknya bentuk akuarium meninggi.

Ikan Guppy



Ikan guppy memiliki keunikan bentuk sirip ekor yang melebar dengan dihiasi corak-corak warna yang indah terutama jenis ikan fantail guppy. Untuk memilihara ikan jenis ini anda memerlukan akuraium dengan volume air 90 - 181 liter air setiap 12 ekor fantail guppy ukuran 2 inch. Pergantian air dilakukan setiap minggu sebanyak 10 - 20 %. Ikan jenis ini sangat menyukai tanaman air dalam akuariumnya, jadi sebaiknya tambahkan tanaman air kedalam wadah pemeliharaan ikan ini. Suhu ruangan optimum untuk memelihara ikan jenis ini berkisar antara 22 - 25 Derajat Celsius

Sebenarnya masih banyak jenis ikan hias air tawar lain yang bisa anda pilih, namun kali ini kami hanya dapat memberikan gambaran sekilas terhadap tiga ikan hias air tawar tercantik yang bisa dijadikan referensi bagi anda untuk memelihara ikan hias di rumah anda. Selamat mengoleksi.

Comments