Follow by Email

Bedanya Ikan Cupang Hias dan Cupang Adu

Media Penyuluhan Perikanan -  Ikan cupang tidak hanya diminati karena harganya yang murah dan perawatannya yang mudah, melainkan juga karena keindahan siripnya yang membuat ikan cupang terbagi menjadi beberapa varian. Seperti yang sudah diketahui selama ini, sebagai ikan hias air tawar, ikan cupang ternyata juga bisa diadu. Ikan cupang aduan dan ikan cupang hias sebetulnya sama. Itu karena cupang pada dasarnya bersifat agresif. Namun, postur dan karakter ikan cupang juga memainkan peranan penting dalam menjadi cupang aduan. Ditambah lagi, butuh beberapa latihan untuk mengubah cupang hias menjadi cupang aduan. Jika Anda belum terbiasa melatih cupang, lebih baik untuk langsung membeli jadi ikan cupang hias atau cupang aduan. Berikut adalah cara untuk membedakannya. 
Cupang Hias
Umumnya, cupang hias merupakan jenis betta splendens. Cupang hias bisa dilombakan untuk mengadu kecantikan bentuk dan warna siripnya. Jenis cupang yang biasa dilombakan antara lain jenis cagak, laga, bulan separuh, dan serit.  Ciri-ciri cupang hias adalah sebagai berikut:
  1. Bila melihat ikan cupang lain, baik itu sebagai musuh atau pasangan kawin, ekor dan siripnya akan mengembang sempurna, menunjukkan bentuk yang cantik. 
  2. Gerakannya cenderung tenang dan tidak agresif. Saat berenang, siripnya akan mengibas lambat dan anggun.
  3. Warna tubuhnya tidak kusam, malah terang dan sangat atraktif. Ada berbagai varian warna dan semuanya terlihat menarik.
  4. Ekor dan siripnya panjang menjuntai. Struktur ekor dan tulang siripnya pun khas seperti layaknya ikan hias air tawar yang memang menonjolkan keindahan, bukan kekuatan. 

Cupang Aduan
Cupang aduan umumnya merupakan jenis betta imbellis dan betta mahachai. Ada juga cupang aduan dari jenis betta splendens, asal bisa dilatih dengan baik. Ada juga beberapa jenis silangannya yang bisa menjadi cupang adu. Dalam mengadu cupang, yang dibuktikan adalah keandalan dan keperkasaannya. Maka dari itu, warna dan bentuk sirip tidak lah penting dalam jenis cupang aduan. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
  1. Bentuk bibirnya kokoh dan tebal. Mulutnya pun tidak menganga, melainkan terkatup rapat. Jika dilihat, pada bibir bagian bawahnya terlihat bintik-bintik yang mengindikasikan gigi yang runcing. 
  2. Keadaan mentalnya sangat bagus. Yang menandakan keadaan mental seekor cupang layak diadu adalah ketika melihat ikan cupang aduan lain, yang dianggap musuh, sirip-siripnya akan mengembang penuh, namun bukan bertujuan untuk pamer seperti ikan cupang hias. 
  3. Tidak seperti ikan hias air tawar lainnya, gerakannya saat berenang terlihat agresif, cenderung cepat dan bertenaga, tidak anggun dan lamban seperti cupang hias. 
  4. Bentuk tubuh cupang aduan juga khas seperti cupang hias, tetapi strukturnya terlihat kokoh dan kekar. Tinggi dan lebar ikan dari mulai leher sampai ekor memiliki ketebalan dan besar yang sama. 

0 Response to " Bedanya Ikan Cupang Hias dan Cupang Adu"

Post a Comment

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.