Pulau Pasu Salah Satu Spot Menyelam Favorit di Kepulauan Anambas



Pulau Pasu Salah Satu Spot Menyelam Favorit di Kepulauan Anambas
Media Penyuluhan PerikananPerjalanan ke Pulau Pasung bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam dari spot diving pertama yaitu Pulau Tokong Berlayar. Pulau Pasung merupakan salah satu gosong dari jejeran gosong dari Pulau Penjalin yang memiliki pantai dengan pasir putih yang masih bagus.

Sepertimjuga di Tokong Berlayar, di sini juga arus permukaan cukup kuat. Kondisi karang di sini lebih bagus dan lebih rapat dibandingkan dengan kondisi karang di Pulau Tokong Berlayar. Beberapa jenis karang yang dapat dilihat adalahAcropora sp., Pocillipora dan beberapa dari kelompok Montipora Montipora yang memiliki bentuk pertumbuhan foliose. Secara umum bentuk pertumbuhan yang mendominasi di daerah ini adalah sub massive dan tabulate yang terlihat dengan ukuran cukup besar. Sedangkan beberapa jenis ikan yang terlihat yaitu seperti ikanBumpheaded parrotfish (Bolbornetopon muricatum) yang terlihat membentuk kelompok sekitar 5-7 ekor. Ikan ini merupakan kelompok ikan pemakan karang sehingga sering terlihat di ekosistem terumbu karang. Ikan parrotfish yang lain juga tampaik terlihat sedang asyik memakan karang. Bintang laut (Linckia sp.) juga tampak terlihat memperindah pemandangan bawah laut.

Selesai menyelam di Pulau Pasu, sempatkan diri untuk beristirahat di tepian pantai pulau Penjalin yang terletak tidak jauh dari spot diving pulau Pasu. Disini bisa dinikmati pemandangan indah berupa hamparan pasir putih dan batubatu besar yang eksotik di sekitar pantai. Selain itu kita dapat bersnorkling menikmati terumbu karang dari permukaan.

Selama snorkling bisa melihat karang-karang dengan bentuk pertumbuhan massive (otak) yang cukup besar dan beberapa jenis ikan karang seperti parrot fish. Karang dengan bentuk pertumbuhan massive cukup umum di temukan di peraiaran dangkal karena lebih tahan dengan terjangan ombak dibandingkan dengan bentuk pertumbuhan yang lain.

Sumber : Pesona Selam Kepualaun Anambas. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil.KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

Comments