Pentingnya Menambahkan Tanaman Ke Dalam Aquarium Ikan Discus Anda



Media Penyuluhan Perikanan -  Tidak dapat dipungkiri bahwa ikan Discus merupakan ikan hias air tawar yang cukup banyak digemari tidak hanya di Indonesia tetapi juga di beberapa negara lainnya di benua Asia. Hal ini sebenarnya merupakan sesuatu yang cukup wajar karena sepintas, ikan yang satu ini terlihat mempunyai warna-warni yang biasanya hanya dimiliki oleh ikan air laut padahal sebenarnya ikan ini benar-benar murni ikan air tawar. Bagi yang belum familiar dengan Discus, mereka mungkin menyangka ikan ini sebagai ikan laut daripada ikan yang hidup di air tawar.
Khusus untuk Anda yang merasa berminat untuk memelihara ikan Discus, yang sebenarnya berasal dari sungai Amazon ini, Anda tidak hanya bisa menghiasi aquarium tersebut dengan bebatuan kecil khusus untuk aquarium atau pasir saja. Anda sebenarnya juga membuat aquarium tersebut menjadi lebih menarik lagi jika Anda juga menambahkan tanaman asli ke dalam tempat memelihara ikan tersebut. Sebenarnya, bisa juga dikatakan bahwa tanaman mempunyai peran yang cukup penting dalam upaya untuk memelihara ikan ini dengan baik.
Manfaat Tanaman Bagi Aquarium Ikan Discus
Secara umum, bisa dikatakan bahwa tanaman di dalam aquarium untuk ikan hias air tawar ini mempunyai beberapa manfaat yag cukup signifikan. Manfaat yang paling signifikan tentunya adalah tampilan aquarium yang jauh lebih menarik. Terlebih lagi, aquarium Discus biasanya dibuat dengan sirkulasi air yang baik guna menjaga ikan tetap merasa senang dan jauh dari stres. Hal ini membuat tanaman bisa bergerak dengan alami dan menghasilkan efek dramatisir yang indah.
Manfaat lain yang juga perlu untuk Anda ketahui adalah bahwa tanaman juga bisa berperan sebagai filter alami yang bisa menyaring zat-zat berbahaya di dalam air. Dengan demikian, ikan Discus di dalam aquarium tersebut bisa hidup dengan lebih sehat.
Dengan menambahkan tanaman air di dalam aquarium, Anda secara tidak langsung juga sudah menyiapkan tempat persembunyian alami bagi si ikan. Hal ini akan membuat ikan merasa lebih nyaman sehingga jauh dari stres. Terlebih lagi, ikan Discus sebenarnya juga merupakan jenis ikan yang cukup mudah merasa kaget dan takut. Karena hal inilah, ada baiknya jika Anda menambahkan banyak tanaman di dalam aquarium di mana ikan tersebut Anda pelihara.
Tanaman Yang Disarankan Untuk Anda Pilih
Dari semua jenis tanaman yang bisa ditempatkan di dalam habitat buatan dari ikan hias air tawar ini, sebenarnya ada beberapa jenis tanaman yang jauh lebih sesuai daripada yang lainnnya. Tanaman-tanaman tersebut adalah: Echinodorus, Anubias, dan beberapa jenis tanaman air dengan karakteristik tinggi. Dengan memilih semua atau beberapa dari tanaman tersebut, tentunya Anda bisa menciptakan habitat buatan dengan kualitas yang lebih baik bagi semua ikan Discus yang Anda pelihara.

Comments