Follow by Email

Memahami Masalah Dalam Programa Penyuluhan Perikanan

Media Penyuluhan PerikananMasalah dalam hal ini terkait dengan faktor-faktor yang dinilai dapat menyebabkan tidak tercapainya tujuan, atau faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perbedaan antara kondisi saat ini (aktual) dengan kondisi yang ingin dicapai (potensial). Faktor-faktor tersebut antara lain:
Memahami Masalah Dalam Programa Penyuluhan Perikanan

  1. Faktor penyebab yang bersifat perilaku (masalah perilaku) yang menyangkut pengetahuan, keterampilan dan sikap yakni berkaitan dengan tingkat adopsi pelaku utama dan pelaku usaha terhadap penerapan suatu inovasi/teknologi baru;
  2. Faktor penyebab yang bersifat non perilaku (masalah non perilaku) menyangkut sarana dan prasarana pendukung usaha pelaku utama dan pelaku usaha.
Suatu wilayah kerja penyuluhan kelautan dan perikanan dikatakan mempunyai masalah apabila ada fakta yang belum memuaskan atau fakta tersebut belum sesuai dengan yang diinginkan.  Untuk mengetahui apa masalahnya, maka perlu dilakukan analisis atau dicari lebih lanjut faktor-faktor yang menyebabkan keadaan tersebut menjadi tidak memuaskan.

0 Response to "Memahami Masalah Dalam Programa Penyuluhan Perikanan"

Post a Comment

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.