Cara Tepat Untuk Mempersiapkan Aquarium Untuk Ikan Neon Tetra



Media Penyuluhan Perikanan -  Saat ini, tak dapat dipungkiri bahwa ikan yang dikenal dengan sebutan Neon Tetra merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat digemari. Karena hal itulah, sangat wajar jika seringkali para penjual kehabisan stok karena ikan dagangan mereka habis terjual. Jika kebetulan Anda merasa tertarik untuk memelihara ikan berukuran kecil dengan tampilan yang sangat menarik ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang bagaimana cara untuk mempersiapkan aquarium dengan benar sehingga nantinya ikan Neon yang Anda pelihara tidak akan mudah stres.
Detail Aquarium Yang Perlu Disiapkan
Sebelum mengetahui tentang cara tepat mempersiapkan aquarium untuk ikan hias air tawar dengan jenis Neon Tetra, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa aquarium tempat di mana ikan Neon tersebut akan tinggal sudah siap. Saat Anda membeli ikan tersebut, tentunya dengan jumlah yang sesuai dengan ukuran aquarium yang Anda pilih, Anda tidak akan merasa bingung lagi di mana Anda akan menaruh ikan tersebut. Dalam memilih aquarium itu sendiri, sebenarnya Anda bebas untuk memilih jenis dan ukuran aquarium yang Anda inginkan. Yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah bahwa ada beberapa detail yang perlu untuk membuat aquarium tersebut menjadi tempat tinggal yang layak dan nyaman untuk si Neon Tetra.
Pertama-tama, sebaiknya Anda menutupi bagian belakang aquarium dengan menempelkan kertas guna membuat aquarium tampak tidak terlelu terbuka bagi si ikan. Dalam hal ini Anda bisa memilih background dengan gambar atau bakground polos berwarna yang sebenarnya terlihat lebih modern. Background dengan warna biru tua menyala contohnya, akan sangat cocok saat dipadukan dengan lampu UV yang secara khusus didesain untuk aquarium, dengan sinar yang tiak terlalu silau. Detail lain yang juga perlu untuk Anda persiapkan adalah tempat untuk si ikan bersembunyi, seperti rumah-rumahan untuk aquarium. Untuk membuat aquarium terasa seperti habitat aslinya, Anda sebaiknya juga menambahkan tanaman air di dalamnya. Satu lagi hal penting yang tidak boleh Anda lupakan adalah sirkulasi air yang baik.
Jangan Menambahkan Ikan Lain Di Aquarium Yang Sama
Jika Anda pernah mendengar bahwa pemeliharaan ikan hias air tawar dengan jenis Neon Tetra semacam ini akan jauh lebih baik jika Anda juga menambahkan beberapa jenis ikan hias yang lain di akuarium yang sama. Pada kenyataannya, hal semacam itu sebaiknya jangan Anda lakukan. Memang benar bahwa ikan kecil yang satu ini memang suka hidup bergerombol, akan tetapi ini tidak berarti bahwa mereka juga bisa hidup berdampingan dengan mudah dengan ikan lain. Sebaliknya, hal itu hanya akan membahayakan si Neon. Karena hal tersebut, sebaiknya Anda tidak memelihara ikan yang satu ini di aquarium yang sama dengan ikan yang lainnya.

Comments