Asiknya Memelihara Aligator Di Dalam Aquarium

Media Penyuluhan Perikanan -  Di masa sekarang ini, bisa dikatakan bahwa orang semakin mempunyai kegemaran yang beragam dalam memilih ikan hias air tawar. Mereka tidak hanya memilih ikan hias yang cenderung mempunyai ukuran yang kecil hingga sedang dan juga bersifat cukup jinak. Ada cukup banyak orang juga yang saat ini mulai melirik ikan-ikan air tawar berjenis predator yang cukup ganas untuk menghiasi aquarium di rumah mereka. Salah satu pilihan yang cukup populer saat ini adalah ikan yang dikenal dengan nama aligator atau yang di dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan nama Aligator Gar. 
Tampilan Ikan Hias Yang Sangat Berbeda
Salah satu hal yang membuat Aligator menjadi pilihan populer untuk ikan hias air tawar untuk dipelihara di aquarium tak lain dan tak bukan adalah tampilannya yang tentunya sangat jauh berbeda dengan tampilan ikan hias pada umumnya. Ikan yang satu ini mempunyai moncong yang cukup panjang dan dihiasi dengan deretan gigi-gigi tajam, yang dihabitat alaminya sangat berguna untuk memburu makanan dan juga untuk mempertahankan diri.
Fakta bahwa ikan Aligator merupkan jenis ikan predator juga membuat feeding time atau waktu makan dari ikan ini menjadi cukup menyenangkan bagi orang yang cinta adrenaline. Untuk mendapatkan sensasi yang menyenangkan saat waktu makan semacam ini, makanan hidup merupakan jenis yang disarankan. Biasanya, ikan yang satu ini diberi makan dengan ikan yang berukuran lebih kecil dari dirinya, yang juga ditempatkan di aquarium yang sama dengan si Aligator.
Satu hal lagi yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bahwa Aligator yang sehat dan tidak stres bisa hidup cukup lama dengan ukuran yang cukup fantastis. Di alam liar yang merupakan habitat aslinya, ikan predator yang satu ini bahkan bisa hidup dengan ukuran yang sangat besar. Ini sebenarnya bisa dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memelihara ikan ganas yang satu ini.
Hal Penting Yang Tidak Boleh Anda Abaikan
Dalam memelihara ikan hias air tawar yang sangat tidak biasa ini penting bagi Anda untuk menyiapkan aquarium dengan ukuran yang tidak sempit bahkan hingga ikan tersebut tumbuh nantinya. Selain itu, aquarium juga sebaiknya dilengkapi dengan fitur penutup di bagian atasnya untuk mencegah si ikan untuk melompat keluar. Selain itu, ini juga bisa menghindarkan orang untuk memasukkan anggota tubuhnya ke dalam aquarium yang tentunya sangat berbehaya. Jika ukuran ikan sudah terlalu besar bahkan hingga sulit bagi Anda untuk sekedar membersihkan aquarium tersebut, sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk memindah si ikan ke kolam sebagai tempat hidup yang lebih besar. Jika ikan tersebut terlalu besar untuk Anda pelihara, ada baiknya jika Anda mencari pihak yang lebih mampu untuk memelihara ikan predator berukuran besar yang satu ini.

Comments