Follow by Email

6 Jenis Ikan Hias Air Tawar Termahal

Media Penyuluhan Perikanan -  Apakah Anda pecinta ikan hias? Jika ya, Anda harus tahu bahwa tidak semua ikan hias air tawar bisa dibeli dengan harga murah. Kelihatannya, ikan mas, ikan maskoki, dan ikan-ikan lainnya yang gampang ditemui di toko hewan memang harganya terjangkau. Namun, untuk kolektor ikan hias sejati, semakin langka dan semakin mahal ikan tersebut, semakin diminati jadinya. Nah, apakah Anda salah satu kolektor ikan hias? Atau Anda hanya senang mengumpulkan beberapa sebagai hiasan kolam tanpa peduli jenis dan mutunya? Tak peduli apakah Anda kolektor atau penghobi biasa, berikut adalah jenis ikan air tawar termahal yang pastinya bisa membuat Anda kagum.
Arwana, Lou han, Koi, Oscar
Pasti sudah banyak yang tahu tentang arwana. Ikan yang juga disebut sebagai ikan naga ini memang banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara. Meskipun begitu, populasi ikan ini terancam punah. Maka tak heran harganya mencapai ratusan juta. Bahkan ada ikan arwana tipe super red albino yang terjual seharga 1 milyar rupiah! Ikan lainnya adalah lou han. Yang membuatnya menarik adalah keindahan sisik serta benjolan di kepala yang menjadi ciri khasnya. Ada beberapa jenis ikan lou han, namun hanya ada 3 yang bisa ditemukan di Indonesia; SRD, Cecu, dan Golden Base. Harganya mencapai 40 juta rupiah per ekor. 
Koi adalah ikan lainnya yang patut dipertimbangkan. Berasal dari Cina, ikan ini sebetulnya masih memilki hubungan kerabat dengan ikan mas. Selain warnanya yang cantik, yang membuat ikan koi mahal adalah kepercayaan bahwa ikan ini dianggap membawa keberuntungan. Terdapat sekitar 24 jenis ikan koi di seluruh dunia. Harganya berkisar antara 5 juta sampai 7 juta rupiah. Ikan hias air tawar mahal lainnya adalah oscar. Warnanya memang kurang menarik, yakni kuning kemerahan. Namun, karena cukup populer di Indonesia, ada beberapa jenis oscar yang dikembang-biakkan di sini. Dibandingkan arwana dan lou han, ikan oscar jauh lebih terjangkau. Harganya berkisar antara Rp. 100,000 sampai Rp. 250,000. 
Discus dan Balashark
Ikan discus memiliki bentuk sisik yang bagus dan warna yang indah mencolok. Berasal dari sungai Amazon, ikan discus terbagi dalam tiga jenis warna; biru, coklat, dan hijau. Ukurannya terbilang kecil, hanya sekitar 3 inchi. Harganya berkisar antar Rp. 75,000 sampai Rp. 100,000. Berikutnya ada ikan balashark. Ikan ini, meskipun namanya shark, yang berarti hiu dalam bahasa Inggris, bukanlah benar-benar hiu. Bentuknya seperti torpedo dengan sirip besar. Ikan ini populasinya sudah muali menurun. Bisa ditemukan di asia tenggara dengan mudah. Harganya memang tidak berjuta-juta, tetapi tetap terbilang mahal untuk ikan hias air tawar. Bibitnya bisa mencapai Rp. 50,000 per ekor. 

0 Response to "6 Jenis Ikan Hias Air Tawar Termahal"

Post a Comment

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.