Mengenal Laut dan Samudera di Dunia

Media Penyuluhan Perikanandunia, yaitu Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Samudera Hindia. Batas ketiga samudera ini berada di lintang selatan. Batas yang memisahkan Samudera Atlantik dengan Samudera Hindia membentang mulai dari Tanjung Harapan di Afrika Selatan ke
Benua Antartika. Batas yang memisahkan Samudera Atlantik dengan Samudera Pasifik membentang
dari ujung Amerika Selatan (Tanjung Tanduk) ke arah Benua Antartika. Sedangkan yang memisahkan Samudera Pasifik dengan Samudera Hindia adalah perairan Indonesia dan melalui Australia menjurus  ke selatan ke Benua Antartika. Ada yang menganggap bahwa samudera yang mengelilingi Benua Antartika sebagai Samudera Selatan.

Mengenal Laut dan Samudera di Dunia
Mengenal Laut dan Samudera di Dunia
Samudera Pasifik merupakan samudera yang terluas, menutupi hampir sepertiga permukaan bumi. Luas samudera ini, tidak termasuk laut-laut yang berbatasan dengannya, adalah 165.250.000 km2. Kedalaman rata-rata Samudera Pasifik adalah 4.280 meter dengan bagian yang terdalam, yaitu Palung Mariana, terletak di sebelah timur Filipina, mencapai kedalaman 11.034 meter.

Samudera Atlantik merupakan samudera terluas kedua. Luas samudera ini, tidak termasuk laut-laut yang berbatasan dengannya, adalah 82.440.000 km2. Jika ditambah dengan laut-laut yang berbatasan dengannya maka luasnya menjadi 106.460.000 km2. Kedalaman rata-rata Samudera Atlantik adalah
3.300 meter dengan bagian yang terdalam, yaitu Palung Puerto Rico, mencapai 8.380 meter.

Samudera Hindia adalah samudera terluas ketiga, menutupi kira-kira seperlima luas samudera dunia. Samudera Hindia membentang sepanjang lebih dari 10.000 km antara ujung selatan Afrika sampai ujung selatan Australia tanpa mempunyai laut-laut pinggiran. Luas Samudera Hindia sekitar 73.440.000 km2. Kedalaman rata-rata Samudera Hindia adalah 3.888,90 m dengan bagian
terdalam berada di selatan Jawa yang dikenal sebagai Palung Jawa dengan kedalaman 7.450 meter.

Samudera Arktika yang terletak di sebelah utara dianggap merupakan bagian dari Samudera Atlantik. Meskipun samudera ini yang terkecil dengan luas sekitar 14.090.000 km2, namun masih sekitar lima kali luas laut terbesar, yaitu Laut Mediteranea (Laut Tengah). Bagian yang paling dalam dari Samudera Arktika adalah sekitar 5.502 meter, dengan kedalaman rata-ratanya hanya sekitar 600 meter. Samudera Antartika, seringkali disebut juga sebagai Samudera Selatan yang merupakan bagian selatan dari Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Samudera Hindia. Samudera ini mengitari benua Antartika. Jarak terdekat dari samudera ini dengan Amerika Selatan adalah di Selat Drake yang lebarnya hanya 1.000 km, terletak antara Amerika Selatan dan ujung benua Antartika.

Di antara laut-laut yang ada di dunia, Laut Tengah atau dikenal sebagai Laut Mediteranea merupakan laut yang terbesar di dunia. Laut ini membentang mulai dari Selat Gibraltar (disebut juga Selat Jabal Tariq) di sebelah barat ke arah timur sampai ke Teluk Iskenderun di barat daya Turki. Panjang laut ini 4.000 km, sedang lebar rata-ratanya adalah sekitar 900 km diukur dari Pantai Libia di selatan dan Yugoslavia di utara; dan bagian tersempit yaitu Selat Gibraltar yang terletak antara Spanyol dan Maroko, lebarnya hanya 15 km. Luas Laut Tengah, termasuk Laut Marmara, adalah 2.510.000 km2.

Beberapa laut lain yang terkenal adalah Laut Merah yang membentang dari Suez di Mesir sampai ke Selat Babel-Mandep dengan bentangan sepanjang 1.930 km. Laut Merah merupakan laut terbuka dengan kadar garam yang sangat tinggi. Luas laut ini sekitar 450.000 km2, dengan bagian terdalam 3.040 meter. Laut ini diberi nama Laut Merah dikarenakan pada musim-musim tertentu terjadi ledakan populasi alga biru kehijauan Trichodesmium erythraeum, yang apabila akan mati berubah warna menjadi merah kecokelatan.

Laut Kaspi, Laut Hitam, dan Laut Mati merupakan badan air yang berada di daratan. Laut Kaspi dan Laut Hitam merupakan badan air yang sangat luas. Laut Kaspi terletak di wilayah Rusia, sedangkan Laut Hitam berbatasan dengan beberapa negara di Eropa Timur dan Asia. Luas Laut Kaspi sekitar 386.400 km2 dengan bagian yang paling dalam mencapai 1.025 meter. Luas Laut Hitam sekitar 422.000 dengan kedalaman maksimum 2.210 meter. Laut Mati merupakan perairan dengan kadar garam yang sangat tinggi, terletak antara Israel, Jordania, dan Tepi Barat jalur Gaza, Palestina. Laut ini terletak 400 meter di bawah permukaan laut. Luas Laut Mati sekitar 1.020 km2 dengan bagian terdalam mencapai 400 meter.

Sumber :
Nontji, Anugerah dan Mohamad Kasim Moosa. 2007. Pengetahuan Dasar Pesisri dan Laut. COREMAP—LIPI. Jakarta

Comments