Mengelola Terumbu Karang Untuk Memberikan Manfaat Bagi Masyarakat Pesisir

Media Penyuluhan PerikananTerumbu karang memberikan berbagai manfaat bagi kita, seperti makanan, peluang untuk pendapatan dan pendidikan, tetapi tidak semua orang memiliki akses yang sama kepadanya, menurut sebuah studi baru yang dilakukan oleh ARC Centre of Excellence untuk Coral Reef Studies di James Cook University.

Para peneliti meneliti bagaimana orang-orang dari 28 komunitas nelayan di Madagaskar, Kenya, Tanzania, dan Seychelles mendapatkan manfaat dari laut.

Selama bertahun-tahun konservasi di negara berkembang didasarkan pada asumsi bahwa perbaikan kondisi ekosistem, seperti meningkatkan biomassa ikan terumbu karang, akan bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan.
Mengelola Terumbu Karang Untuk Memberikan Manfaat Bagi Masyarakat Pesisir

Namun Dr. Christina Hicks, seorang ilmuwan sosial, mengatakan pendekatan ini terlalu sederhana.
"Peningkatan supply cenderung menguntungkan sebagian elit masyarakat, bukan masyarakat secara keseluruhan," kata Dr Hicks.

"Kita perlu melihat mekanisme akses sosial-ekonomi yang akan memungkinkan kelompok yang lebih banyak untuk mendapatkan keuntungan dari terumbu karang dan kemudian mengembangkan kebijakan berdasarkan informasi itu," katanya.

Rekan penulis studi ini Profesor Josh Cinner dari Coral CoE mengatakan fokus pada peningkatan pasokan tidak cukup.

"Kita perlu lebih memperhatikan bagaimana manfaat yang didistribusikan dan bagaimana hal itu diakses oleh orang yang berbeda dalam masyarakat," kata Profesor Cinner.

Para peneliti berpendapat bahwa para pembuat kebijakan perlu pendekatan yang lebih inklusif untuk mengelola terumbu karang, yang mencakup fokus pada peningkatan kesejahteraan.

"Kita cenderung fokus pada pertumbuhan ekonomi karena mudah untuk diukur, tetapi ini harus diperluas untuk mencakup cara orang dapat berbagi manfaat dari terumbu karang," kata Dr Hicks.

Sumber:
ARC Centre of Excellence in Coral Reef Studies. "Managing reefs to benefit coastal communities." ScienceDaily. ScienceDaily, 3 December 2014. <www.sciencedaily.com/releases/2014/12/141203111224.htm>.

Comments

Popular posts from this blog

Teknik - Teknik Penyimpanan Ikan Di Dalam Palka

Pemijahan Ikan Lele Melalui Penyuntikan Hormon Buatan

Mengenal Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Ikan Segar