Minyak Ikan Termasuk Dalam Sembilan Lemak Pada Diet Sehat



Media Penyuluhan Perikanan - Lemak sering dianggap sebagai musuh gizi yang baik, tetapi ketika dimasukkan dalam diet sehat lemak dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan potensial. Dalam edisi September majalah Teknologi Pangan yang diterbitkan oleh Institute of Food Technologists (IFT),  Editor Linda Milo Ohr menulis tentang bagaimana asam dan nutrisi minyak lemak dapat memberikan manfaat bagi pengaturan berat badan, kesehatan jantung, mata dan perkembangan otak, bahkan suasana hati .


Sembilan Lemak yang dapat dimasukan dalam rencana diet yang sehat


  1. Asam Lemak Omega-3: asam lemak Omega-3 berhubungan dengan perkembangan otak, fungsi kognisi, kesehatan mata, demensia dan depresi. Selain itu juga banyak dikenal untuk manfaat kesehatan jantung.
  2. Asam Pinolenic: asam Pinolenic berasal dari minyak kacang pinus yang berasal dari pohon pinus Korea, dan sangat kaya akan asam lemak rantai panjang. Uji klinis telah menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu menekan nafsu makan dan menimbulkan perasaan kenyang.
  3. Conjugated Linoleic Acid: asam linoleat terkonjugasi telah terbukti mempengaruhi pengelolaan berat badan dengan membantu mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan massa tubuh ramping.
  4. Flaxseed Oil: Minyak biji rami merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3 serta omega-6 dan omega-9 yang dapat berkontribusi pada kesehatan jantung dan membantu mengurangi peradangan.
  5. Hemp Oil: minyak biji rami mengandung rasio seimbang omega-6 dan omega-3 asam lemak esensial linolenat, dan juga mengandung vitamin E.
  6. Minyak Ikan: Minyak ikan dikenal untuk efek pada jantung, saraf, dan kesehatan kognitif.
  7. Canola Oil: Sebuah studi menunjukkan bahwa canola yang diperkaya minyak, rendah glisemik-diet meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2, terutama mereka dengan peningkatan tekanan darah sistolik (Jenkins, 2014).
  8. Minyak Kedelai: minyak oleat kedelai dapat mengurangi lemak jenuh dan 0 gram lemak trans, dan memberikan tiga kali jumlah lemak tak jenuh tunggal dibandingkan dengan minyak kedelai.
  9. Minyak Kelapa: Meskipun tidak banyak penelitian yang telah dilakukan dibandingkan dengan minyak zaitun atau ikan, diperkirakan dapat membantu dalam bidang-bidang energi, kesehatan kulit, dan kesehatan gigi.


Sumber :
Institute of Food Technologists (IFT). (2014, September 17). Nine fats to include in a healthy diet. ScienceDaily. Retrieved October 13, 2014 from www.sciencedaily.com/releases/2014/09/140917173041.htm

Comments