Follow by Email

Mengenal Alat Tangkap Ikan Gillnet

Media Penyuluhan Perikanan - Gill Net merupakan salah satu jenis alat penangkap ikan yang sering digunakan oleh nelayan (nasional dan internasional) untuk menangkap ikan di laut. 

Ikan yang menjadi tujuan penangkapan umumnya adalah ikan-ikan pelagis relatif besar mulai dari ikan kembung hingga Madidihang.  Ukuran ikan besar sangat bervariasi tergantung ukuran mata jarinng dan besarnya bukaan mata jaring.
 
Gill Net termasuk alat penangkap ikan yang pasif, selektif dan juga ramah lingkungan. Pengoperasian Gill Net konvesional (yang umum dioperasikan di Indonesia) relatif sederhana, sebagian besar pelaksanaan operasi menggunakan tenaga manusia.

Gill Net hampir dapat dioperasikan diseluruh lapisan kedalaman perairan, mulai dari lapisan permukaan, pertengahan hingga lapisan dasar perairan.  Juga dapat dioperasiakan  di berbagai jenis perairan, seperti perairan pantai, laut dan samudera.


Metode Menangkap Kata kuncinya adalah “Menjebak untuk dijerat”.  Pengertiannya adalah Gill Net harus mampu menjebak, kemudian menjerat ikan pada bagian insangnya.  Karena sebagai alat penjebak maka sedapat mungkin bahan yang digunakan  adalah bahan yang transparan  Sedangkan agar ikan terjerat maka tekstur benang jaring harus licin, bulat dan elastis.  Perhatikan Gambafr 1.1 adalah ikan memiliki ukuran insang lebih besar dari mata jaring(ikan tidak terjerat), b adalah ukuran ikan yang sesuai dengan mata jaring (iakn terjerat), sedangkan c adalah ikan yeng berukuranlebih kecil (ikan lolos).


Ikan terjerat gillnet
Gambar 1. 1  Ikan terjerat

Bentuk Umum  Gill NetCiri khas Gill Net adalah berbentuk empat persegi panjang.  Masing sisinya dibatasi oleh empat buah tali ris. Dua buah ris mendatar yang dipasang di sisi atas dan bawah, yang atas di sisi atas disebut dengan ris atas dan yang bawah disebut dengan ris bawah.  Dua ris lagi dipasang di kedua sisi tegak disebut dengan ris samping. 

Ris atas dan ris bawah berfungsi untuk mengatur buakaan mata jaring dan ris samping untuk mempertahankan kedalaman Gill Net.  Ris atas dipasangi pelampung dan ris bawah dipasangi pemberat.  Fungsi pelampung adalah untuk megapungkan dan fungsi pemberat  adalah untuk menenggelamkan.

Secara umum Gill Net yang dioperasikan di lapisan permukaan memiliki daya apung yang lebih besar dari daya tenggelamnya.    Gill Net yang dioperasikan di pertengahan memiliki daya apung dan daya tenggelam yang relatif sama.  Sedangkan yang dioperasikan di lapisan dasar perairan memiliki daya tenggelam lebih besar dari daya apungnya. Tujuannya adalah agar Gill Net yang diooperaikan di permukaan tetap mengapung di lapisan permukaan, yang dioperasikan di pertengahan tetap melayang, dan yang dioperasikan di dasar perairan tatap tenggelam.


Penempatan Gillnet
Gambar 1.2 Penempatan Gillnet


Pada bagian atas Gill Net dipasang pelampung dan bagian bawah dipasang pemberat. Gill Net yang disebut dengan “gill net” biasanya dioperasikan secara pasif menunggu ikan yang  berenang menabrak badan jaring. Jika diameter tubuh ikan lebih kecil dari ukuran mata jaring maka ikan akan lolos. Ikan yang ukuran diameter tubuhnya sama atau lebih besar dari ukuran mata jaring  akan tertangkap.  Hal ini sangat bermanfaat untuk  pengaturan ukuran ikan yang akan ditangkap, misalnya dengan membatasi ukuran mata jaring (mesh size) ukuran minimal ikan yang ditangkap dapat ditentukan, sehingga ikan-ikan yang masih kecil tidak tertangkap dan dapat meloloskan diri dari alat penangkap ikan.

Gill Net dioperasikan secara vertikal dengan menghadang arus laut, sehingga diharapkan memotong alur gerakan renang ikan yang kerap menentang arus. Perhatian Gambar 1.3 hingga 1.5

Cara memasang gillnet

Sumber :
Ardidja, Supardi. 2011. Usaha Penangkapan Ikan Dengan Gillnet. Materi Penyuluhan Perikanan. Pusat Penyuluhan KP-BPSDMKP. Jakarta

0 Response to "Mengenal Alat Tangkap Ikan Gillnet"

Post a Comment

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.