Follow by Email

Makan Ikan Adalah Gaya Hidup Yang Membuat Otak Anda Selalu Sehat

Media Penyuluhan Perikanan - Makan ikan panggang atau kukus seminggu sekali baik untuk otak, tak peduli berapa banyak asam lemak omega-3 yang dikandungnya, menurut para peneliti di University of Pittsburgh School of Medicine. Temuan yang dipublikasikan secara online baru-baru ini dalam American Journal of Preventive Medicine, menambah bukti yang berkembang bahwa faktor gaya hidup berkontribusi terhadap kesehatan otak di kemudian hari.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa lebih dari 80 juta orang akan memiliki demensia pada tahun 2040, yang bisa menjadi beban besar untuk keluarga dan meningkatkan biaya perawatan kesehatan, menurut peneliti senior James T. Becker, Ph.D., profesor psikiatri, Pitt School of Medicine . Beberapa penelitian memperkirakan bahwa perubahan gaya hidup seperti pengurangan tingkat aktivitas fisik, merokok dan obesitas dapat menyebabkan lebih sedikit kasus penyakit Alzheimer dan kondisi lain dari penurunan kognitif pada orang tua. Efek anti-oksidan dari omega-3 asam lemak, yang banyak ditemukan pada ikan, biji-bijian dan kacang-kacangan, dan minyak tertentu, juga telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan, terutama kesehatan otak.

Peneliti utama Cyrus Raji, MD, Ph.D., yang saat ini dalam pelatihan residensi radiologi di UCLA, dan tim peneliti menganalisis data dari 260 orang yang memberikan informasi tentang asupan makanan mereka, memiliki resolusi tinggi MRI otak scan, dan secara kognitif normal pada dua titik waktu selama partisipasi mereka dalam Studi Kesehatan Kardiovaskular (CHS), upaya multicenter 10 tahun yang dimulai pada tahun 1989 untuk mengidentifikasi faktor-faktor risiko penyakit jantung pada orang di atas 65.

"Bagian dari peserta CHS menjawab kuesioner tentang kebiasaan makan mereka, seperti berapa banyak ikan yang mereka makan dan bagaimana itu dibuat," kata Dr Raji. "Baked atau ikan panggang mengandung lebih banyak omega-3 dari ikan goreng karena asam lemak yang hancur dalam panas tinggi saat proses menggoreng, jadi kami mengambilnya sebagai bahan pertimbangan saat kami meneliti scan otak mereka."

Para peneliti menemukan bahwa orang yang makan panggang atau panggang ikan sedikitnya sekali seminggu memiliki volume materi abu-abu di otak yang lebih besar yang bertanggung jawab untuk memori (4,3 persen) dan kognisi (14 persen) dan lebih cenderung memiliki pendidikan tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak makan ikan secara teratur. Tapi tidak ada hubungan yang ditemukan antara perbedaan otak dan kadar omega-3.

Makan Ikan Adalah Gaya Hidup Yang Membuat Otak Anda Selalu Sehat
"Ini menunjukkan bahwa faktor gaya hidup, dalam hal ini makan ikan, bukan faktor biologis berkontribusi terhadap perubahan struktural dalam otak," kata Dr Becker. "Sebuah pertemuan faktor gaya hidup mungkin bertanggung jawab untuk kesehatan otak yang lebih baik, dan cadangan ini mungkin mencegah atau menunda masalah kognitif yang dapat berkembang di kemudian hari."

Sumber :
University of Pittsburgh Schools of the Health Sciences. (2014, August 4). Eating baked, broiled fish weekly boosts brain health, study says. ScienceDaily. Retrieved August 6, 2014 from www.sciencedaily.com/releases/2014/08/140804123358.htm

0 Response to "Makan Ikan Adalah Gaya Hidup Yang Membuat Otak Anda Selalu Sehat"

Post a Comment

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.