Ikan Ternyata Lebih Cerdas Daripada Yang Kita Bayangkan

Media Penyuluhan Perikanan - Dewasa ini beredar anggapan bahwa ikan hanya memiliki rentang memori hanya 30 detik. Ilmuwan dari Kanada membuktikan bahwa anggapan itu adalah salah. Menurutnya ikan sebenarnya bias mengingat hingga dua belas hari kemudian.

Penelitian ini dilakukan terhadap spesies ikan hias akuarium yang popular yaitu Cichlid Afrika (Labidochromis caeruleus). Ikan ini menunjukan tingkah laku yang kompleks hal inilah yang menyebabkan para ilmuwan memprediksi ikan ini mampu menjalankan tugas memori lebih lanjut.  Ikan percobaan ini dilatih untuk memasuki area tertentu dalam akuarium untuk menerima pakan, dimana masing-masing sesi pelatihan berlangsung selama dua puluh menit. Selanjutnya ikan diistirahatkan selama dua belas hari setelah mengikuti pelatihan tersebut selama 3 hari. Setelah dua belas hari istrihat, kemudian ikan kembali masuk ke dalam akuarium tempat pelatihan sebelumnya, diketahui bahwa mereka mengingat pengalaman pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya itu.

Ikan Ternyata Lebih Cerdas Daripada Yang Kita Bayangkan Cichlid Afrika (Labidochromis caeruleus)
Bagi ikan yang hidup di alam liar, kemampuan menghubungkan lokasi dengan makanan adalah hal yang penting untuk keberlangsungan hidupnya. "Ikan yang ingat di mana makanan berada memiliki keuntungan evolusioner daripada mereka yang tidak" kata pemimpin ilmuwan Dr. Trevor Hamilton. "Jika mereka mampu mengingat bahwa di daerah tertentu terdapat makanan tanpa ancaman predator, mereka akan dapat kembali ke daerah itu. Penurunan ketersediaan makanan akan mempromosikan kelangsungan hidup spesies yang bisa mengingat lokasi sumber makanan." Ikan Cichlids liar memiliki jenis makanan yang bervariasi seperti siput, ikan-ikan kecil, serangga dan tanaman. Hal ini berpikir bahwa mereka belajar untuk mengasosiasikan lokasi dengan sumber pilihan makanan mereka. Para peneliti sekarang menyelidiki apakah kekuatan kenangan ikan dipengaruhi oleh kondisi lingkungan atau unsur farmakologis.

Dr. Hamilton tertarik pada Cichlids Afrika karena terinspirasi oleh laporan dari pemilik akuarium, termasuk rekannya Erica Ingraham, seorang mahasiswa di Universitas MacEwan. "Ada banyak anekdot tentang betapa pintarnya ikan ini" katanya. "Beberapa orang bahkan percaya bahwa cichlids mereka menonton televisi dengan mereka."

Penelitian ini telah dipresentasikan di Society for Experimental Biology Annual Meeting 2014 yang diselenggarakan di Universitas Manchester, Inggris, dari tanggal 1 - 4 Juli.

Sumber :
Anonymous. 2014. Smarter than you think: Fish can remember where they were fed 12 days later. July 2014. http://www.sciencedaily.com/releases/2014/07/140701193253.htm

Comments

  1. Mungkin kalau dilakukan penelitian lebih lanjut maka otak ikan akan sangat bermanfaat bagi manusia juga ya , jadi gak cuma dagingnya saja .
    Thanks sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga ya, tapi kayaknya ada deh penelitiannya aku lupa, nanti kalao ketemu aku share di sini

      Delete

Post a Comment