Wow, Omega-3 Minyak Ikan Mampu Mencegah Kerusakan Syaraf Pencandu Alkohol

Media Penyuluhan Perikanan - Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE  (video di atas) menyebutkan bahwa Minyak omega-3 pada ikan ternyata dapat membantu melindungi kerusakan saraf dan risiko demensia bagi para pecandu alkohol.

Sebagaimana telah banyak disampaikan oleh para peneliti bahwa efek penyalahgunaan alcohol adalah kerusakan otak dan meningkatnya resiko demensia, namun demikian penelitian terbaru dewasa ini menemukan bahwa senyawa minyak ikan mampu meindungi peradangan dan kematian sel saraf pada sel-sel otak yang terkena kadar alkogol tinggi.

Penelitian ini dilakukan oleh Michael A. Collins, PhD, Edward J. Neafsey, PhD, dan rekan-rekannya di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine, dan rekan dari University of Kentucky dan Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme (NIAAA). Collins dan rekannya melakukan percobaan pada sel-sel otak tikus dewasa yang diberikan konsentrasi alcohol yang empat kali lebih besar daripada batas legal alcohol pada saat mengemudi – konsentrasi alcohol yang biasa dimiliki oleh pecandu alcohol kronis.

Wow, Omega-3 Minyak Ikan Mampu Mencegah Kerusakan Syaraf Pencandu Alkohol



Para peneliti menemukan terjadi peradangan saraf dan kematian neuronal dalam sel-sel otak yang terkena alkohol ditambah DHA 90 persen lebih kecil daripada di sel otak yang terkena alkohol saja.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi apakah minyak ikan mampu melindungi cedera kognitif yang berhubungan dengan alkohol dan demensia dalam model tikus dewasa. "Minyak ikan memiliki potensi untuk membantu menjaga integritas otak pada pengguna alkohol kronis," kata Collins. "Setidaknya, tidak mungkin bahwa hal itu akan menyakiti mereka."

Tapi Collins menambahkan bahwa cara terbaik bagi pelaku alkohol untuk melindungi otak adalah mengurangi atau berhenti sama sekali. "Kami tidak ingin orang-orang berpikir tidak apa-apa untuk mengambil beberapa kapsul minyak ikan dan kemudian terus pergi menyalahgunakan alkohol," katanya.

Sumber :
Loyola University Health System. "Fish oil may benefit alcohol abusers." ScienceDaily. ScienceDaily, 17 July 2014. <www.sciencedaily.com/releases/2014/07/140717180252.htm>.

Comments