Mengenal Ikan Hiu Koboy (Terancam Punah)

Media Penyuluhan Perikanan - Klasifikasi Ikan Hiu Koboy :
  1. Filum : Chordata
  2. Kelas : Chondrichthyes
  3. Sub–Kelas : Elasmobranchii
  4. Bangsa : Carcharhiniformes
  5. Suku : Carcharhinidae
  6. Marga : Carcharhinus
  7. Spesies : Carcharhinus longimanus (Poey, 1961)
Morfologi
  1. sirip punggung pertama dan sirip dada sangat lebar dan membundar di ujungnya
  2. ujung sirip berwarna putih pada hiu dewasa (berujung hitam pada juvenil)
  3. terdapat gurat di antara sirip punggung
  4. moncong pendek dan bulat melebar (tampak dari arah bawah)
Habitat dan Penyebaran

Merupakan hiu pelajik-oseanik yang ditemukan pada lapisan permukaan hingga kedalaman 152 meter, biasa ditemukan jauh di lepas pantai atau di dekat pulau-pulau terpencil yang memiliki paparan yang sempit. Sebaran spesies hiu ini diketahui sangat luas di seluruh perairan tropis dan subtropis yang bersuhu hangat. Di perairan Indonesia tercatat ditemukan di perairan Samudera Indonesia, mulai dari barat Sumatera hingga selatan Nusa Tenggara.

Status

Di Indonesia, upaya perlindungan Carcharhinus longimanus sedang dilakukan dengan menyusun KepMen Kelautan dan perikanan tentang perlindungan ikan hiu tahun 2013; IUCN – Vulnerable; CITES – Appendiks II.

Ancaman
Upaya penangkapan ikan hiu sudah berlangsung sejak tahun 1980an. Spesies ikan ini merupakan salah satu hasil tangkapan sampingan (bycatch) dari perikanan rawai tuna dan jaring insang tuna. Umumnya ukuran ikan yang tertangkap dan didaratkan nelayan adalah ikan-ikan yang belum dewasa sehingga merupakan ancaman terhadap populasi spesies ikan ini di masa mendatang karena peluang dalam proses berkembangbiakannya menjadi lebih kecil. Di lain pihak, adanya kemungkinan praktek finning, yaitu nelayan hanya diambil siripnya sedangkan bagian tubuh lainnya dibuang ke laut.

Saran
Diperlukan adanya peningkatan kesadaran bagi masyarakat nelayan untuk tidak melakukan praktek finning dan melakukan pembatasan ukuran hasil tangkapannya.

Sumber : Ubaidillah, Rosichon. dkk. 2013. BIOTA PERAIRAN TERANCAM PUNAH DI INDONESIA - Prioritas Perlindungan. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. Ditjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta


Comments

Popular posts from this blog

Teknik - Teknik Penyimpanan Ikan Di Dalam Palka

Pemijahan Ikan Lele Melalui Penyuntikan Hormon Buatan

Mengenal Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Ikan Segar