Ikan Pari Sentani, si Cucut Gergaji Air Tawar Yang Langka



Media Penyuluhan Perikanan - Ikan Pari Sentani biasa disebut juga dengan ikan cucut gergaji dengan nama Inggris Sawfish atau Largetooth Sawfish dengan memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

Tubuh seperti ikan hiu dua sirip punggung yang berukuran hampir sama, sirip dada berbentuk segitiga melebar, terdapat "gill Panjang bakuits", bentuk gergaji pada moncong dengan 17-22 gerigi tajam pada setiap sisi, warna tubuh abu-abu dan pada bagian punggung kehijauan, serta keputih-putihan pada sisi ventral. Panjang tubuh baku sedikitnya mencapai 460 cm.

Penyebaran ikan ini di Papus dengan habitat sungai dan danau. Ikan ini biasa dimanfaatkan sebagai ikan hias dengan status dilindungi


Catatan / Rekomendasi : Spesimen Yang difoto Masih anakan berukuran 239,2 mm Panjang baku; dikoleksi pada Bulan Desember di Danau Sentani 1969 diperkirakan telah punah. Karena sudah lama tidak diketemukan oleh Nelayan setempat.
Ikan Pari Sentani, si Cucut Gergaji Air Tawar Yang Langka

Sumber :
Anonymous. 2012. Ikan Air Tawar Langka di Indonesia. Direktorat Konservasi Kawasan Dan Jenis Ikan. Direktorat Jenderal Kelautan, Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Comments