Mengenal Teripang Duri (Stichopus variegatus)

Media Penyuluhan Perikanan -
Klasifikasi
  1. Filum : Echinodermata
  2. Kelas : Holothuroidea
  3. Bangsa : Aspidochirotda
  4. Suku : Holothuriidae
  5. Marga : Stichopus
  6. Spesies : Stichopus variegatus Semper, 1868


Morfologi
Bentuk badan bulat panjang, panjang mencapai 25 – 35 cm, warna coklat mulus dengan bercak-bercak yang tidak teratur. Terdapat duri yang sebagian berwarna coklat tua dan sebagian lagi berwarna coklat muda.

Habitat dan Penyebaran
Merupakan spesies yang hidup di perairan dangkal, ditemukan pada terumbu karang dan laguna, umumnya terdistribusi dekat permukaan perairan hingga pada kedalaman 25 m. Banyak ditemukan pada daerah padang lamun, pecahan karang, dan dasar perairan yang berpasir-lumpur. Populasinya tidak dapat mencapai densitas tinggi, dengan rata-rata kepadatan sekitar 0.005/m2 . Reproduksi sexual terjadi selama musim hangat dimana suhu perairan lebih hangat. Spesies ini memiliki fekunditas rendah dan lambat mengalami kematangan seksual. Teripang ini terdistribusi luas pada perairan tropis indo-pasifik, termasuk seluruh perairan pantai karang di Indonesia.

Satus
Belum dilindungi UU-RI; menjadi isu dan dibahas pada COP 14 CITES

Ancaman
Spesies teripang ini memiliki fekunditas rendah dan lambat mengalami kematangan seksual, sehingga akan terancam mengalami kepunahan bila ditangkap berlebihan (Overfishing).

Saran
Penelitian untuk rekomendasi kebijakan pengelolaan teripang spesies Stichopus variegatus, segera ditetapkan status perlindungannya, dan upaya konservasi pada beberapa wilayah habitatnya.

Sumber : 
Ubaidillah, Rosichon. dkk. 2013. BIOTA PERAIRAN TERANCAM PUNAH DI INDONESIA - Prioritas Perlindungan. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. Ditjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Comments

Popular posts from this blog

Teknik - Teknik Penyimpanan Ikan Di Dalam Palka

Pemijahan Ikan Lele Melalui Penyuntikan Hormon Buatan

Mengenal Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Ikan Segar