Suami Istri Tambah Mesra Karena Tiram



Media Penyuluhan Perikanan - Keharmonisan rumah tangga tentu menjadi dambaan bagi pasangan suami istri. Berbagai tips untuk menjaga keharmonisan pasangan suami istri baik mengenai perilaku, komunikasi, penampilan, kesehatan maupun keintiman telah banyak dipublikasikan. Terkait dengan kemesraan pasutri, beberapa penelitian telah menemukan bahan pangan dengan kandungan nutrisi tertentu dapat mempengaruhi aktivitas seksual. Beberapa bahan pangan tersebut adalah tiram (oyster), remis (sejeniskerang), lobster dan kaviar.

Komposisi nutrisi per 100 gram tiram adalah air 74,56 g; energi 105 k.kal, protein 17,1 gram, lemak 0,76 gram. Tiram mentah juga mengandung berbagai macam mineral antara lain kalsium, besi, magnesium, phospor, potassium, sodium, seng, tembaga, mangan dan Selenium. Tiram juga mengandung berbagai macam vitamin antara lain vitamin C, vitamin B 6, vitamin B 12, vitamin A dan vitamin E, sedangkan asam amino yang terkandung dalam tiram adalah tryptophan, threonine, isoleucine, leucine, lysine, methionine, cystine, phenylalanine, tyrosine, valine, arginine, histidine, alanine, asam aspartic, asam glutamic, glycine, proline, dan
serine.

Dibandingkan dengan bahan pangan lainnya maka tiram memiliki kandungan seng atau zinc (Zn) yang cukup tinggi yaitu sebesar 16,62 mg per 100 gram tiram mentah, sedangkan lobster mengandung 3, 02 mg, kacang-kacangan, mete dan kenari 2,5 mg, beras merah 14 mg, buah dan sayur rata-rata mengandung 1 mg. Kandungan seng ini berfungsi untuk meningkatkan produksi sperma dan hormone testosterone. Dr. Ahmad Sulaeman, pakar gizi dari IPB juga menyatakan tiram mengandung kadar Zn yang tinggi. Zn telah terbukti sangat bermanfaat bagi anak-anak untuk masa pertumbuhan, sedangkan bagi kaum dewasa dapat meningkatkan kemampuan organ seks. Zn mengandung komponen enzim yang jumlahnya lebih dari 100 satuan. Sebanyak 23 komponen enzimnya bahkan bersifat biofaktor, artinya enzim itu bermanfaat untuk menyembuhkan luka, pertumbuhan, dan kekebalan tubuh, berguna meningkatkan metabolisme DNA (deoayribonucleic acid), dan protein.

Pedagang ritel seafood di New York juga mempromosikan bahwa tiram dan remis mengandung zat besi, zinc, yodium, dan senyawa D-aspartic acid serta N-Methyl D-aspartate (NMDA). Zat nutrisi tersebut berfungsi untuk menstimulasi kelenjar thyroid dan meningkatkan libido. Disamping tiram, lobster juga merupakan sumber B12 dan zink yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan libido. Bagian hijau dari hati lobster diyakini dapat meningkatkan respon seksual. Selain tiram dan lobster, kaviar (telur ikan) juga telah dipuji sepanjang sejarah karena dapat meningkatkan libido. Oleh karena itu kaviar dijadikan sebagai lambang kesuburan. Kaviar mengandung arginin dan zinc yang membantu meningkatkan kelancaran aliran darah pada organ-organ seksual khususnya pada pria. Jadi untuk membentuk rumah tangga harmonis selain harus menjaga perilaku dan komunikasi yang baik, juga perlu didukung asupan gizi yang cukup untuk dapat menjaga penampilan, kesehatan dan aktivitas seksual yang sehat. Makan seafood khususnya tiram dapat berkontribusi untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

Sumber : Manfaat Ikan, Ditjen P2HP (2012)





Comments