Mengenal Teripang Susuan (Berpotensi Punah)

Media Penyuluhan Perikanan -
Klasifikasi
  1. Filum : Echinodermata
  2. Bangsa : Holothuroidea
  3. Suku : Holothuriidae
  4. Marga : Holothuria
  5. Spesies : Holothuria (microthele) nobilis Slenka, 1867


Morfologi
Bentuk tubuh oval, panjang mencapai 55 cm, pada umumnya 37 kg, berat badan mencapai 1,7 kg sampai 4 kg, warna coklat tua sampai hitam, punggung cembung, dinding tubuh halus dan tebal, sering ditutupi dengan pasir, berbeda dengan teripang lainnya, mempunyai banyak kaki. Ketebalan dinding tubuh mencapa 12 mm.

Habitat dan Penyebaran
Neritic bentik, jarang dijumpai, berada pada batu pasir dan karang karang mati, kedalam perairan hingga 20 m. Daerah penyebaran meluas di daerah tropis indo-pasific.

Status
Belum dilindungi UU-RI; menjadi isu dan dibahas pada COP 14 CITES

Ancaman
Jenis teripang Holothuria nobilis memiliki potensi fekunditas (jumlah telur) sedang atau menengah. Penangkapan dilakukan oleh nelayan dengan cara dipungut tangan pada saat surut. Penangkapan dengan cara diselam menggunakan peralatan selam, menyebabkan populasi sangat rentan karena dieksploitasi secara berlebihan.

Saran
Dilakukan penelitian kebijakan pengelolaan teripang jenis Holothuria nobilis, segera ditetapkan status perlindungannya, dan upaya konservasi pada beberapa wilayah habitatnya.

Sumber : 
Ubaidillah, Rosichon. dkk. 2013. BIOTA PERAIRAN TERANCAM PUNAH DI INDONESIA - Prioritas Perlindungan. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. Ditjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Comments