Mengenal Katak Tak Berparu Kalimantan (Terancam Punah)

Media Penyuluhan Perikanan -
Klasifikasi
Katak ini dideskripsi oleh Djoko T. Iskandar pada tahun 1978 seorang pakar herpetologi dari ITB, berdasarkan spesimen tunggal. Spesimen kedua diperoleh pada tahun 1995 pada lokasi yang sama yaitu Nanga Pinoh, Melawi, Kalimantan Barat.
  1. Filum : Chordata
  2. Kelas : Amphibia
  3. Bangsa : Anura
  4. Suku : Bombinatoridae
  5. Marga : Barbourula Tailor & Noble, 1926
  6. Spesies : Barbourula kalimantanensis Iskandar, 1978
Morfologi
Katak berukuran sedang, individu jantan dapat mencapai 66 mm dan betina mencapai 77 mm. Kepala sangat pipih, moncong bulat, lubang hidung di ujung moncong sedikit tertutup kulit. Tidak mempunyai baik canthus rostralis maupun lores. Mata terletak di depan samping kepala. Rahang atas dan bawah bergigi. Gigi vomer menyerupai sepasang tuberkular dan terletak di atap mulut di belakang koane. Tidak mempunyai paru-paru. Tidak mempunyai glottis dan pembukaan esofagus mengarah langsung ke lambung. Jantan dewasa tidak mempunyai kantung suara. Lengan dan kaki kokoh berselaput penuh mirip dayung. Jari kedua dan ketiga pada tangan hampir sama panjang demikian juga pada jari ketiga dan keempat kaki. Ujung jari seperti cakram, tetapi tidak memiliki alur circummarginal. Pada telapak tangan terdapat tiga tuberkular metakarpal, tetapi tidak memiliki tuberkular subarticular. Disepanjang tepi median jari pertama kaki terdapat kulit tebal. Pada telapak kaki terdapat bonggol metatarsal dalam, tetapi tidak memiliki tuberkular metatarsal luar. Terdapat lipatan kulit di sepanjang paha dan di sepanjang tibia. Betina mempunyai otot mirip segitiga di kedua sisi kloaka dikenal sebagai claspers anal. Kulit punggung berkerut, dengan tuberkular kecil atau spinula yang terletak di bagian belakang dan lengan. Kulit perut halus. Saat masih hidup berwarna coklat dengan bintik-bintik hitam.

Habitat dan Penyebaran
Katak ini hidup dalam perairan tawar yang jernih, dingin (14 - 17 oC), kecepatan arus 2 - 5 m per detik di sungai Kapuas (Kalimantan Barat) dalam area hutan hujan primer.

Status
Belum dilindungi Undang-Undang RI; IUCN-Endangered.

Ancaman
Habitat ditemukannya spesies ini sekarang sangat terganggu akibat adanya penambangan emas ilegal, dan sungai telah menjadi rusak parah sebagai akibat dari pengendapan dan juga pencemaran limbah merkuri. Disamping itu juga dipengaruhi oleh pendangkalan perairan akibat deforestasi di hulu.

Saran
Segera ditetapkan status perlindungan penuh baik habitat maupun spesies tersebut mengingat sebaran yang sangat terbatas dan keterancaman pada habitat.

Sumber : Ubaidillah, Rosichon. dkk. 2013. BIOTA PERAIRAN TERANCAM PUNAH DI INDONESIA - Prioritas Perlindungan. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. Ditjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Comments

Popular posts from this blog

Teknik - Teknik Penyimpanan Ikan Di Dalam Palka

Pemijahan Ikan Lele Melalui Penyuntikan Hormon Buatan

Mengenal Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Ikan Segar