Mengenal Ikan Pari Tutul Sungai (Terancam Punah)

Media Penyuluhan Perikanan - 
Klasifikasi
Himantura oxyrhyncha merupakan ikan pari air tawar yang dideskripsikan dari lima spesimen yang tersebar di beberapa museum dunia pada tahun 1878, dengan tiga spesimen syntype dari Kamboja. Nama ilmiah awal dari spesies ini adalah Trygon oxyrhynchus Sauvage, 1878, dengan nama sinonim yang lain adalah Himantura krempfi (Chabanaud, 1923); dan Himantura oxyrhynchus (Sauvage, 1878).
  1. Filum : Chordata
  2. Kelas : Chondrichthyes
  3. Sub–Kelas : Elasmobranchii
  4. Bangsa : Rajiformes
  5. Suku : Dasyatidae
  6. Marga : Himantura
  7. Spesies : Himantura oxyrhyncha (Sauvage, 1878)


Morfologi
Bentuk lempeng tubuh oval dengan bagian depan lancip, warna tubuh bagian punggunya coklat dengan corak berupa spot-spot hitam; Bagian perut berwarna putih dengan bagian tepi berwarna kelabu atau kehitaman; ekor panjang seperti cambuk dengan pangkal yang lebar dan tidak memiliki selaput kulit pada ekornya; Bagian tengah punggung terdapat sebuah dentikel berbentuk bulatdan terdapat satu baris duri-duri kecil di sepanjang pangkal ekor pada ikan dewasa; kedua mata relatif kecil dan tidak menonjol keluar.

Habitat dan Penyebaran
Hidup di dasar perairan tawar dan estuaria dengan substrat dasar yang lunak dan arus sungai yang tidak kencang. Di Indonesia, spesies ini diketahui hanya ditemukan di daerah aliran sungai (DAS) Kapuas di Kalimantan (Last, et al., 2010).

Status
Belum dilindungi UU-RI; IUCN – Endangered.

Ancaman
Himantura oxyrhyncha merupakan ikan endemik di Kalimantan yang keberadaannya diketahui hanya di aliran Sungai Kapuas dari bagian tengah hingga ke arah muara. Tingginya aktifitas antropogenik di daerah aliran sungai (pencemaran, loging, transportasi dsb) dan adanya usaha penangkapan oleh nelayan terhadap spesies ikan ini baik dijadikan sebagai ikan hias maupun ikan konsumsi, menyebabkan keberadaan populasinya di alam menjadi sangat terancam.

Saran
Diperlukan adanya upaya perlindungan terhadap pari tutul sungai Himantura oxyrhyncha dan melakukan upaya-upaya peningkatkan kesadaran masyarakat nelayan untuk tidak melakukan penangkapan terhadap spesies ikan ini serta perbaikan habitat di sepanjang aliran sungai.

Sumber : Ubaidillah, Rosichon. dkk. 2013. BIOTA PERAIRAN TERANCAM PUNAH DI INDONESIA - Prioritas Perlindungan. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. Ditjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Comments

Popular posts from this blog

Teknik - Teknik Penyimpanan Ikan Di Dalam Palka

Pemijahan Ikan Lele Melalui Penyuntikan Hormon Buatan

Mengenal Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Ikan Segar