Mengenal Ikan Pari Coklat (Terancam Punah)



Media Penyuluhan Perikanan -
Klasifikasi
Himantura pastinacoides merupakan ikan pari yang hidup di perairan estuaria dan perairan pesisir. Jenis ini sebelumnya dikenal dengan nama Trygon pareh Blekeer, 1852 berdasarkan spesimen pari yang ditemukan di perairan Jawa. Adapun sinonim dari spesies ini adalah Himantura pareh (Bleeker, 1852).
  1. Filum : Chordata
  2. Kelas : Chondrichthyes
  3. Sub–Kelas : Elasmobranchii
  4. Bangsa : Rajiformes
  5. Suku : Dasyatidae
  6. Marga : Himantura
  7. Spesies : Himantura pastinacoides (Bleeker, 1852)

Morfologi
Bentuk lempeng tubuh membulat dan bagian moncongnya membulat. Bagian punggung berwarna polos coklat atau keabuan dengan deretan dentikel kecil dan sebuah thorn di bagian tengah; bagian perut berwarna putih polos, kadang bagian tepinya berwarna keabuan; ekor panjang seperti cambuk, berwarna polos dan tidak memiliki selaput kulit; duri sengat terdapat di bagian pangkal ekor dan tidak terdapat duri-duri kecil di sepanjang pangkal ekornya; kedua mata relatif kecil dan tidak menonjol keluar.

Habitat dan Penyebaran
Hidup di dasar perairan pesisir dan estuaria dengan substrat dasar yang lunak. Di Indonesia, jenis ini ditemukan di pesisir Kalimantan, timur Sumatera dan utara Jawa.

Status
Belum dilindungi UU-RI; IUCN – vulnerable.

Ancaman
Himantura pastinacoides merupakan ikan pari berukuran sedang yang hidup di perairan pesisir, kadang di temukan di dekat hutan bakau (mangrove) dan dekat mulut sungai. Sebaran ikan ini sangat terbatas hingga kedalaman maksimal 30 meter dan tidak pernah jauh dari muara sungai. Tingginya aktifitas antropogenik di daerah muara sungai dan perairan pesisir (pencemaran, sedimentasi, transportasi) dan adanya usaha penangkapan ikan oleh nelayan baik di perairan pesisir, merupakan ancaman terhadap keberlangsungan populasi ikan pari ini di alam. Saat ini diduga populasinya telah mengalami penurunan berdasarkan indikasi makin jarangnya jenis ikan pari ini tertangkap oleh nelayan pesisir.

Saran
Diperlukan adanya upaya pengelolaan terhadap usaha perikanan pesisir, terutama pada lokasi-lokasi dimana pari Himantura pastinacoides ditemukan, dengan melakukan pembatasan jumlah alat tangkap dan ukuran tangkapannya

Sumber : Ubaidillah, Rosichon. dkk. 2013. BIOTA PERAIRAN TERANCAM PUNAH DI INDONESIA - Prioritas Perlindungan. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. Ditjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Comments