Follow by Email

Mengenal Ikan Pari manta (Terancam Punah)

Media Penyuluhan Perikanan -
Klasifikasi
Marga Manta sebelumnya diketahui hanya terdiri dari satu spesies (monotipik), namun sejak tahun 2009, marga tersebut dievaluasi kembali dan diputuskan terdiri dari dua spesies yaitu spesies manta karang, Manta alfredi dan manta oseanik (Manta birostris) (Marshall et al. 2009). Bagi sebagian orang, Pari Manta kadang sulit dibedakan dengan kelompok pari yang lain dari Marga Mobula.

  1. Filum : Chordata
  2. Kelas : Chondrichthyes
  3. Sub–Kelas : Elasmobranchii
  4. Bangsa : Myliobatiformes
  5. Suku : Myliobatidae
  6. Sub–Suku : Mobulidae
  7. Marga : Manta Bancroft, 1829
  8. Spesies : Manta birostris (Donndorff, 1798)


 Morfologi
  1. Bentuk kepala sangat lebar
  2. Letak mulut di ujung/terminal
  3. Tidak terdapat gigi pada rahang bagian atas
  4. Bagian atas tubuh berwarna hitam dengan corak-corak putih yang melintang. Terdapat tonjolan yang mengeras di belakang sirip punggung. Berukuran sangat besar , lebar tubuhnya dapat mencapai lebih dari empat meter.
Habitat dan Penyebaran
Merupakan ikan pelagis dengan sebaran yang luas di perairan tropis dan perairan hangat subtropis. Sebarannya di Indonesia mencakup perairan Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan dan sekitarnya.

Status
Di Indonesia, upaya perlindungan Manta birostris sedang dilakukan dengan menyusun KepMen Kelautan dan perikanan tentang perlindungan ikan hiu dan pari tahun 2013; IUCN – Vulnerable; CITES – Appendiks II.

Ancaman
Manta birostris sering tertangkap oleh jaring insang tuna sebagai tangkapan sampingan ataupun sengaja ditangkap dengan cara ditombak. Tapis insangnya yang bernilai ekonomi tinggi merupakan bagian tubuh yang paling dicari untuk dijadikan bahan baku obat tradisional Cina. Pari Manta memiliki sifat biologi yang amat rentan terhadap kepunahan apabila populasinya di alam terganggu, spesies ikan ini memiliki umur yang panjang, pertumbuhan yang lambat, jumlah anak yang dihasilkan hanya satu ekor dalam satu siklus reproduksinya, serta membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai dewasa.

Saran
Diperlukan adanya upaya perlindungan terhadap pari manta dan melakukan upaya-upaya peningkatkan kesadaran masyarakat nelayan untuk tidak melakukan penangkapan terhadap spesies ikan ini.

Sumber : Ubaidillah, Rosichon. dkk. 2013. BIOTA PERAIRAN TERANCAM PUNAH DI INDONESIA - Prioritas Perlindungan. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. Ditjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta

0 Response to "Mengenal Ikan Pari manta (Terancam Punah)"

Post a Comment

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.