Mengenal Ikan Capungan Banggai, (Terancam Punah)



Media Penyuluhan Perikanan -
Klasifikasi
  1. Filum : Chordata
  2. Kelas : Osteichthyees
  3. Sub Kelas : Actynoptrerygii
  4. Ordo : Perciformes
  5. Sub Kelas :Teleostei
  6. Famili : Apogonidae
  7. Genus : Pterapgon
  8. Spesies : Pterapogon kauderni (Koumans 1933)
Morfologi
Genus Pterapogon dibedakan dengan genus-genus lain dalam family Apogonidae dengan ciri sirip dorsal memiliki 14 duri lunak. Sedangkan ciri spesies, tubuh berwarna putih hingga krem, tiga garis hitam tepi putih melaui mata, awal sirip dorsal hingga sirip ventral dan dorsal 2nd hingga sirip anal. Sirip caudal berwarna hitam pinggir berspot putih.

Habitat dan Penyebaran
Mendiami pantai berpasir yang ditumbuhi lamun (Enhalus acoroides) sedangkan individu muda hidup berkelompok 2-60 ekor berasosiasi dengan bulu babi (Diadema setosum), coral brancing dan anemone (Heteractis crispa) sehingga penyebarannya hanya terbatas di lokasi tersebut pada kedalaman hingga 16 m. (Allen, 2000; Allen, 2003). Sebaran awalnya hanya ada di Kepulauan Banggai, namun akibat adanya introduksi pada tahun 2000 di perairan Selat Lembeh Bitung Sulawesi Utara dan di Luwuk Sulawesi Tengah (Allen & Donaldson, 2007), bahkan informasi terbaru menyebutkan jika spesies ini telah gterdistribusi hingga perairan Bali.

Status
Di Indonesia, upaya perlindungan Pterapogon kauderni sedang diupayakan untuk dibuat peraturan perundangan untuk status perlindungannya; IUCN – Endangered.

Ancaman
Kegiatan overfishing serta pengambilan pada semua ukuran menjadi ancaman yang serius akan kelestarian ikan ini. Terlebih hingga saat ini belum diketahui stok alaminya di alam dan recruitment populasi yang lambat. Sebanyak 118.000 ekor setiap bulan atau lebih dari 1 juta ekor setiap tahun diambil dari habitat aslinya dan diperdagangkan (K. Lunn and Moreau, 2004). Ancaman juga berasal dari kerusakan habitat P kauderni, akibat dari kegiatan penangkapan dengan menggunakan bahan peledak dinamit dan cyanide (Vagelli, A.A., 2008).

Saran
Diperlukan adanya upaya perlindungan terhadap ikan capungan Banggai dan melakukan upaya-upaya pengelolaan yang lestari terhadap spesies ikan ini, baik melalui upaya budidaya ataupun pembatasan kuota tangkapan.

Sumber : Ubaidillah, Rosichon. dkk. 2013. BIOTA PERAIRAN TERANCAM PUNAH DI INDONESIA - Prioritas Perlindungan. Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan. Ditjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil. Kementerian Kelautan dan Perikanan. Jakarta

Comments