Ikan Sumber Nutrisi Terbaik

Media Penyuluhan Perikanan - Ikan merupakan sumber terbaik lemak omega-3. Lemak omega-3 disebut lemak essensial karena tubuh manusia tidak dapat membuatnya dan harus diperoleh dari makanan yang kita konsumsi. Seafood mengandung dua tipe lemak omega-3 yaitu EPA dan DHA. Keduanya bekerja secara ajaib dalam tubuh dan dapat menurunkan tingkat triglyceride (lemak darah yang tidak sehat), menurunkan tekanan darah, melindungi pembekuan darah dan meningkatkan kolesterol baik HDL. Oleh karena itu, beberapa dokter setuju bahwa perlu segera mengenalkan seafood secara bertahap untuk anak-anak sedini mungkin.

Guna mendapatkan manfaat kesehatan, The American Heart Association merekomendasikan untuk mengkonsumsi lemak omega-3 sekitar 1 gram / hari. Banyaknya ikan yang kita konsumsi untuk mendapatkan 1 gram lemak omega-3 tergantung dari jenis dan cara mengolah ikan yang dikonsumsi . Sebagai contoh, Bila kita mengkonsumsi 113,4 gram (4 ounce) salmon yang dibakar, kita akan mendapatkan lemak omega-3 sekitar 1,5 gram. Sementara bila mengkonsumsi satu porsi tuna sandwich akan diperoleh omega-3 sekitar 1 gram. Suplemen omega-3 dapat digunakan sebagai salah satu alternatif, namun sebelum
mengkonsumsi perhatikan beberapa hal berikut :

  • Konsultasikan dosis yang dapat dikonsumsi karena suplemen omega-3 yang berlebihan mempunyai efek samping seperti pendarahan berlebihan.
  • Kualitas dari suplemen merupakan hal sangat menentukan, sehingga pastikan suplemen yang akan dikonsumsi mempunyai kualitas yang baik.
  • Disamping itu, ikan juga menyediakan nutrisi penting seperti selenium, yodium dan zat besi yang tidak ditemukan dalam suplemen omega -3.

Ingin mempunyai gaya hidup sehar, segera konsumsi ikan !!!

Sumber Diolah : Ditjen P2HP

Comments