Ikan, Kecantikan dan Kecerdasan



Media Penyuluhan Perikanan - Ikan dan Kelangsingan
Victoria Beckam istri pesepak bola terkenal David Beckam sebelumnya adalah anggota kelompok penyanyi Spicy Girl yang terkenal menjaga penampilannya baik dari segi pakaian maupun fisiknya. Baru-baru ini sebuah majalah fashion di AS memberikan penghargaan karena ibu 3 anak tersebut dinilai masih tetap langsing, seksi dan berpakaian serasi. Ingin tahu rahasianya?

Ternyata kelangsingannya itu hasil dari diet seafood katanya. Sebagai penyuka makanan Jepang yang mayoritas menggunakan seafood, dengan banyak sayuran dan buah ia merasa menjadi sangat sehat dan lincah untuk bergerak secara dinamis. Lagi pula dengan tubuh langsingnya, ia merasa lebih leluasa memilih baju yang serasi.

Telur Ikan Atasi Kerutan di Wajah
Kerisauan terhadap kerutan di wajah tak hanya mendominasi kaum hawa, tetapi juga kaum pria. Buktinya rocker Sir Mick Jagger yang kini telah berusia 63 tahun juga sibuk mencari krim kulit yang dapat menyebabkan tampilan lebih muda. Ia rela mengeluarkan £200 atau lebih dari Rp.3 juta untuk sebuah krim kulit yang banyak mengandung caviar (telur ikan sturgeon) demi menjaga penampilannya. Tampaknya ia cukup puas dengan hasilnya sehingga kini malah ia selalu memborong krim dari caviar tersebut untuk dibagi-bagikan pula kepada temannya di Rolling Stone. Krim yang berisi caviar berprotein tinggi tersebut mengandung bahan-bahan anti penuaan yang berkhasiat mengencangkan kulit dan melemaskan kerutan.

Minyak Ikan Tingkatkan Koordinasi Tangan dan Mata Balita
Dari hasil sebuah study dilaporkan bahwa suplemen minyak ikan yang diberikan kepada ibu hamil dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata pada balita. Sekitar 100 wanita hamil dibagi menjadi 2 kelompok dan setiap hari diberikan 4 gram suplemen minyak ikan atau 4 gram suplemen minyak zaitun mulai dari kehamilan usia 20 minggu hingga saat melahirkan. Syaratnya wanita tersebut tidak merokok dan belum mengkonsumsi ikan minimal seminggu dua kali. Ketika anak-anaknya lahir dan kemudian berusia 2,5 tahun, mereka dites tentang kemampuan bahasa, tingkah laku, daya nalar dan koordinasi mata dan tangan. Hasilnya tidak ada perbedaan signifikan pada kemampuan berbahasa dan tingkat pertumbuhan pada kedua kelompok anakanak tersebut.

Tetapi anak-anak dari para ibu yang megkonsumsi minyak ikan ternyata mempunyai nilai lebih tinggi pada daya nalar (kekomprehensifan), kemampuan mengingat frase yang panjang dan lebih kaya kosa kata. Selain itu, anak-anak tersebut juga mempunyai kemampuan motorik koordinasi mata dan tangan yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang ibunya selama hamil tidak mengkonsumsi minyak ikan. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan pada Archives of Disease in Childhood

Sumber Diolah : Ditjen P2HP

Comments